Banner

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

[Cartivity] Kontroversi Built Quality City Car Yang Bisa Hancur Bak Kaleng Rombeng

Mar 18, 2014

[Cartivity] Kontroversi Built Quality City Car Yang Bisa Hancur Bak Kaleng Rombeng

Belakangan ini di dunia maya ramai beredar sebuah foto kompilasi beberapa sudut pengambilan gambar yang menampilkan sebuah mobil jenis City Car liftback yang juga belakangan ini ikut dalam percaturan LCGC hancur berantakan setelah bertabrakan dengan cara beradu muka dengan sebuah truk engkel dalam kecepatan tinggi. Dari lokasi kejadiannya nampak bahwa tempat kejadian perkaranya bukanlah di jalanan wilayah perkotaan. City Car tersebut hancur hingga hanya terlihat seperti sebuah rombengan kaleng. Yang kemudian timbul dalam opini masyarakat luas adalah: apakah built quality sebuah city car itu sangat buruk? Atau, apakah fitur keselamatan dan keamanan penumpangnya sangat minim atau bahkan tidak ada?

City Car adalah sebuah mobil yang didesain sedemikian sehingga hanya cocok untuk pemakaian di dalam wilayah perkotaan dengan segala macam kosekuensinya termasuk kemacetan lalu lintas yang fantastis, paparan udara panas yang bertambah panas akibat gas buang kendaraan bermotor dan lain-lainnya. Desain City Car diantaranya harus mencakup harga yang murah, ukurannya yang kompak tidak makan tempat, kapasitas mesin kecil dengan konsumsi bahan bakar harus irit dan untuk mendukung keiritan bahan bakarnya maka bodi dan rangka haruslah ringan. Untuk mencapai hal tersebut di atas maka sangat banyak sekali kompromi yang harus dibuat dan sangat terkait dengan built quality.

Dikarenakan mesin yang berkapasitas kecil, maka bodi dan rangka yang dibawa olehnya haruslah ringan agar konsumsi bahan bakar tetap dan semakin irit serta mesin tetap bertenaga. Oleh karenanya, bahan pelat logam pembuatnya sudah barang tentu dipilih yang lebih tipis yang berakibat pada berkurangnya kekuatan struktur pada saat terjadi benturan (keras). Selain itu, tekukan atau lipatan struktur konstruksi penguat juga banyak dikurangi karena apabila tidak dikurangi akan menambah banyak bahan logam pembuatnya. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh pada berkurangnya kekuatan struktur saat terjadi benturan (keras).

Namun itu semua hanya sedikit dari sekian banyak kompromi yang harus diambil. Oleh karena kompromi-kompromi tersebut di atas, maka sebenarnya peruntukan City Car hanya dapat dipakai di jalan-jalan wilayah perkotaan (urban) dan untuk wilayah luar kota hanya dapat dipakai di wilayah pinggiran kota atau suburban dan sama sekali sangat tidak direkomendasikan untuk penggunaan perjalanan jauh antar kota antar propinsi. Karena jalan-jalan di wilayah perkotaan masih termasuk kecil kemungkinannya untuk terjadinya sebuah tabrakan hebat apalagi dengan sebuah truk. Mungkin ada perlunya bahwa setiap produsen City Car menuliskan peringatan tegas bahwa City Car hanya untuk dipakai di dalam wilayah perkotaan dalam buku manual kepemilikannya.

Sedangkan untuk keperluan perjalanan jauh antar kota antar provinsi sebaiknya dan memang harus memilih mobil dengan kategori Family Car atau Cruising Car yang dimensinya lebih besar dan strukturnya kontruksi keamanannya lebih kuat. Bilamana tidak mempunyai sebuah Family Car atau Crusing Car cobalah manfaatkan moda-moda transportasi umum yang sudah tersohor akan keamanan dan kenyamanannya.


Pencarian Lain: Tips dan Trik Seputar Mobil, Komunitas Mobil, Cari Mobil Baru, Cari Mobil Bekas, Harga Mobil Baru, Harga Mobil Bekas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil Baru, Jual Mobil Bekas

Source: FH Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password