Otopedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

[Tips dan Trik] Kang Donny Paham Betul Caranya Todong Mesin

Apr 3, 2014

[Tips dan Trik] Kang Donny Paham Betul Caranya Todong Mesin

Di kalangan mekanik dan montir mobil, sering kita dengar yang namanya sistim todong. Biasanya sistim todong diberlakukan pada beberapa bagian tertentu mesin mobil yang agak-agak sulit atau membutuhkan prosedur turun naik mesin atau gearbox. Misalnya penggantian sil kruk as, penggantian ring seher (piston), penggantian metal duduk atau metal jalan kruk as dan lain sebagainya. Prosedur standar untuk mengerjakan itu semua adalah dengan melalui prosedur turun mesin atau turun gearbox yang terkadang membutuhkan biaya lumayan besar dan waktu pengerjaan yang lebih lama. Namun di kalangan mekanik dan montir dengan jam terbang tinggi, mereka lebih suka dengan menggunakan sistim todong.

“Sistim Todong itu adalah suatu sistim dimana kita tidak perlu melakukan prosedur turun mesin atau gearbox untuk mengganti beberapa bagian tertentunya padahal sebetulnya kita perlu melakukan prosedur itu.” Jelas Kang Donny dari bengkel Don’s Autoworks di daerah Duren Tiga, Jakarta Selatan. “Contohnya, untuk mobil yang mengalami patah ring seher (piston). Biasanya untuk mengeluarkan seher itu kita perlu untuk menurunkan blok mesin. Tapi dapat diakalin dengan menggunakan sistim todong. Caranya adalah dengan membongkar silinder head dan carter bawah tanpa menurunkan blok mesin. Setelah silinder head dan carter bawah terlepas, maka piston atau seher dapat kita lepas dengan terlebih dahulu melepas kruk as. Selain lebih mengirit waktu dan tenaga, sistim ini juga lebih aman karena beberapa komponen yang menempel pada blok mesin seperti kompresor AC, pompa power steering dan alternator tidak dilepas. Selain itu juga mengurangi resiko rusaknya engine mounting.” Lanjut Kang Donny yang sudah puluhan tahun meng-intim-i profesi mekanik. “Selain itu, sistim todong juga dapat dilakukan saat kita ingin mengganti sil kruk as depan atau belakang dan juga sil gearbox.” Tandas Kang Donny.


Pencarian Lain: Tips dan Trik Seputar Mobil, Komunitas Mobil, Cari Mobil Baru, Cari Mobil Bekas, Harga Mobil Baru, Harga Mobil Bekas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil Baru, Jual Mobil Bekas

Source: FH Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel IntegritasPitstop