Otopedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

[Cartivity] Pentingnya Extra Fan Agar Kondensor Dan Kompressor Tidak Overheat

Apr 10, 2014

[Cartivity] Pentingnya Extra Fan Agar Kondensor Dan Kompressor Tidak Overheat

Selain kipas utama yang berfungsi untuk melepas panas mesin dari radiator, mesin  mobil pada umumnya juga dilengkapi dengan extra fan atau kipas tambahan bertenaga listrik. Extra Fan diletakkan di belakang grill dan di depan kondensor AC. Nah, apakah sebenarnya fungsi dari Extra Fan itu?

Panas yang dihasilkan oleh mesin mobil pada saat bekerja dibawa oleh air yang bersirkulasi di dalam blok mesin. Air tersebut akan melepas panasnya di radiator, sedangkan untuk menarik panasnya agar terlepas ke udara bebas dibantu oleh kipas mesin yang digerakkan oleh tenaga putar mesin mobil dan kecepatan putar atau RPM-nya mengikuti mesin. Produsen mobil sudah memperhitungkan dengan seksama agar panas mesin tersebut dapat terlepas secara optimal dengan hanya mengandalkan kipas mesin tadi. Sering orang berasumsi bahwa extra fan juga dipakai untuk membantu melepas panas mesin ke udara bebas, asumsi ini ada benarnya tetapi fungsi sebenarnya dari extra fan adalah bukan untuk itu.

Fungsi sebenarnya dari extra fan adalah untuk membantu pelepasan panas yang dibawa oleh sirkulasi gas freon ac mobil yang akan dilepas ke udara bebas melalui kondensor AC yang terletak di depan radiator mobil. Karena posisinya yang terhalang oleh raditor, maka kipas mesin kurang optimal dalam menyedot panas dari kondensor AC, sehingga pelepasan panas menjadi kurang optimal. Oleh karenanya dibutuhkan bantuan extra fan. Selain itu menurut Kang Indra dari Aneka AC Tanah Kusir, extra fan juga berfungsi untuk mencegah kondensor AC dan kompresor AC overheat dikarenakan udara panas extreme di Indonesia belakangan ini. “Belakangan ini kan udaranya kalau siang kan panas banget, Mas. Kita sih yang di dalam mobil adem-adem aja. Tapi yang bikin kita adem itu kan kerjanya tambah berat, dia buang panasnya jadi tambah berat karena udara yang panas banget. Nah, extra fan itu gunanya juga menjaga supaya kondensor AC dan kompresor AC jangan overheat. Sebab kalau overheat bisa bocor kondensornya. Karena kepanasan pipa-pipanya pada renget atau bocor-bocor alus. Terus kompresornya juga bisa rusak karena oli dan freon yang ada di sirkulasi AC bocor di kondensor.” Jelas Kang Indra. “Pilih-pilih extra fan juga jangan asal ada aja, kalau bisa, paling nggak dari ujung atas sampai bawah kondensor kena sama jangkauan diameter kipasnya supaya semua pipa terbuang panasnya dengan maksimal.” Tandas Kang Indra.



Pencarian Lain: Tips dan Trik Seputar Mobil, Komunitas Mobil, Cari Mobil Baru, Cari Mobil Bekas, Harga Mobil Baru, Harga Mobil Bekas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil Baru, Jual Mobil Bekas

Source: FH Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel IntegritasPitstop