Otopedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

[Tips dan Trik] Mengakali Wood Panel Yang Rusak

Apr 10, 2014

[Tips dan Trik] Mengakali Wood Panel Yang Rusak

Beberapa interior mobil (mewah) biasanya didesain dengan menggunakan bahan serat kayu sebagai aksen. Pada umumnya ada dua macem aksen yaitu yang benar-benar terbuat dari kayu dan yang hanya merupakan gambar hasil printing di atas material berbahan plastik. Seiring dengan bertambahnya usia mobil dan meningkatnya suhu permukaan bumi ditambah dengan hantaman kelembapan iklim tropis maka panel-panel kayu (wood panel) tersebut dapat kusam, rusak atau bahkan cowel. Berikut adalah tips dan trik untuk memperbaiki panel kayu yang rusak.

A. Panel Kayu Dengan Bahan Kayu Asli

Panel kayu dengan bahan kayu asli biasanya mengalami kerusakan dengan menjadi kusam, permukaan menjadi kasar dan cowel karena lapuk dimakan usia. Hal tersebut dapat terjadi karena iklim tropis sangat lembap dan dapat membuat material kayu pada mobil rusak.

Untuk jenis kerusakan panel kayu menjadi kusam dan permukaannya menjadi kasar, maka perbaikan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan finishing ulang. Caranya adalah dengan mengamplas ulang permukaannya dengan amplas halus. Setelah diamplas dengan merata dan permukaannya menjadi halus, maka finishing dapat dilakukan dengan menggunakan politur meubel yang dapat dibeli di toko material bangunan. Tingkat kegelapan dan kepekatan warnanya dapat diatur dengan beberapa kali kita melakukan sapuan politur dengan menggunakan kuas. Apabila kita mempunyai kompresor dan alat semprot (air brush) maka alat-alat tersebut dapat digunakan dan hasil sapuannya akan lebih merata. Setelah warna dirasa sudah menyerupai warna aslinya, maka finishing terakhir dapat kita lakukan dengan menambah lapisan pernis kayu antara mengkilap (gloss) atau gelap (doff). Untuk penambahan lapisan pernis sangat disarankan untuk menggunakan alat air brush. Apabila tidak mempunyai alat air brush maka dapat menggunakan semprotan obat nyamuk jenis pompa. Harus diperhatikan bahwa pada saat melakukan pelapisan pernis, harus dilakukan pada saat Matahari cerah bersinar dan kemudian langsung dijemur di bawah terik Matahari. Kalau cuaca mendung atau hujan, tunggulah hingga cuaca cerah dan panas. Kalau kita tetap nekat melakukannya di bawah cuaca mendung atau hujan maka hasilnya lapisan pernis akan berkabut atau fogging dan kita harus melakukannya lagi dari awal.

Sedangkan untuk jenis kerusakan panel kayu cowel maka langkah pertamanya adalah kita harus menambal bagian yang cowel tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan serbuk ampas amplasan kayu yang halus dan lem tetes (power glue). Pertama-tama kita alasi meja tempat kita bekerja dengan lapisan plastik atau kertas, apa saja asal permukaan meja tidak rusak. Kemudian kita teteskan lem pada bagian yang cowel sembari kita taburi dengan serbuk kayu. Setelah itu, taburan serbuk kayu tadi kita tetesi dengan lem berulang kali hingga bentuknya menyerupai aselinya.  Setelah bentuk dirasa sudah menyerupai sekelilingnya maka kayu jadi-jadian itu kita rapihkan dan samakan bentuk dengan sekelilingnya dengan menggunakan amplas. Harus extra sabar karena kayu jadi-jadian itu sangat keras. Setelah bentuk dirasa pas dan meyakinkan maka untuk finishingnya dapat dilakukan langkah-langkah seperti di atas.


B. Panel Kayu Dengan Bahan Plastik Print

Jenis kerusakan untuk panel kayu berbahan plastik print biasanya adalah motif yang sudah hilang terhapus atau pecah karena panas dan bahan plastiknya sudah lapuk.

Untuk yang motifnya sudah hilang dapat diakali dengan membeli lapisan kayu berupa bahan print yang dapat kita beli di toko-toko perkakas dan toko kebutuhan bahan meubel. Biasanya disebut dengan bahan takon. Pilihkan bahan yang paling tipis dan lentur. Setelah itu kita buat mal dengan kertas pada permukaan yang akan kita tempel dengan takon tadi. Setelah bahan takon dipotong sesuai mal, maka kita rekatkan pada panel kayu plastik tersebut dengan menggunakan bahan lem pasta bening (UHU). Cermati seluruh bagian, terutama bagian lekukan dan sambungan, jangan sampai ada celah atau lem yang rembes keluar.

Sedangkan untuk panel yang pecah atau patah, kita dapat menyambungnya kembali dengan menggunakan lem pasta bening (UHU) atau lem besi campur (asal jangan Power Glue/ Lem Tetes karena setelah terpasang tidak dapat di setel. Setelah lem kering dan posisi sudah fix tak dapat bergeser maka sambungan atau sisa lem tadi kita rapihkan dengan menggunakan amplas. Setelah sambungan halus, maka finishing dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah seperti di atas.
 

Demikian Otofriends semoga dapat berguna.


Pencarian Lain: Tips dan Trik Seputar Mobil, Komunitas Mobil, Cari Mobil Baru, Cari Mobil Bekas, Harga Mobil Baru, Harga Mobil Bekas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil Baru, Jual Mobil Bekas

Source: FH Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel IntegritasPitstop