Otopedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

[Tips dan Trik] PENTING!! TIPS AGAR TERHINDAR DARI PELAKU PENIPUAN JUAL BELI MOBIL ONLINE!!

Apr 11, 2014

[Tips dan Trik] PENTING!! TIPS AGAR TERHINDAR DARI PELAKU PENIPUAN JUAL BELI MOBIL ONLINE!!

Besarnya ekspansi dunia maya di Indonesia memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Apalagi sekarang dunia internet sudah menjamah dengan sangat dalam terhadap dunia perdagangan. Banyak mereka yang 'gila belanja', memberdayakan hobbynya tersebut dengan bantuan internet. Alasannya? Tentu karena kemudahan serta beragam pilihan yang ditawarkan.

Makin ke sini, pemanfaatkan transaksi dengan bantuan internet semakin menggila. Produk yang bisa dilihat di internet tidak lagi hanya sebatas barang dengan range harganya 100 ribu sampai 500 ribu. Mobilpun sekarang sudah mulai banyak diperdagangkan melalui internet. Tapi apakah aman memilih dan 'berbelanja' mobil dengan bantuan informasi di Internet bagi pembeli ataupun penjual? Jawabannya adalah bisa menjadi sangat aman asal kan calon pembeli maupun penjualnya benar-benar selektif dan tidak mudah tergiur dengan penawaran miring para penjual atau acting mantap calon pembeli yang belum kelihatan wujudnya ini.

Modal utama untuk mulai memperoleh informasi jual beli mobil tentu mesti diawali dari situsnya dahulu. Jangan asal pilih situs untuk meraih info sekelas jual beli mobil. Otopedia.com yang turut menjadi salah satu situs jual beli mobil dan tengah mengalami perkembangan baik tentu sangat menjaga kepercayaan tersebut. Semua fitur yang ditawarkan Otopedia.com memang dibangun dengan baik demi kenyamanan si penjual maupun si pembeli. Apalagi dengan kebaikan untuk membantu pengiklan dalam menjual mobil mereka atau si pembeli dalam menemukan mobil mereka.

Sosial media Otopedia yang saat ini turut telah menjadi salah satu sosial media otomotif terbesar di Indonesia tidak akan segan-segan membantu publikasi jualan mobil mereka yang dari showroom, baik itu yang punya showroom maupun marketing dari showroom tersebut - hingga mereka yang menjual mobilnya secara Individu. Semuanya tetap pada konsep awal didirikannya jasa jual beli mobil Otopedia.com yaitu GRATIS!! Saat membantu publikasi, tentu sosial media Otopedia punya kriterianya yang spesifik agar informasi yang diberikan ke calon pembeli tidak asal dan terpercaya, serta tetap menyenangkan sang penjual.

Kriteria spesifik yang Otopedia punya ini jugalah yang bisa Otofriends jadikan acuan saat ingin memilih-milih mobil via internet dan menghindari informasi 'menyimpang'. Berikut TIPS AGAR TERHINDAR DARI PELAKU PENIPUAN JUAL BELI MOBIL ONLINE:

1. Pastikan Data Pengiklan

Kadang perhatian kita sering dialihkan oleh penawaran mantap dari si penjual online hingga akhirnya tidak jarang kita luput dengan data si penjual. Sudah yakin itu data benar? Makanya kita perlu terlebih dahulu melakukan verifikasi data si penjual. Pastikan nomornya adalah nomor benar yang bisa dihubungi, alamatnya tidak berada di area mencurigakan, photo yang dipajang bukan 'lukisan' alias boleh nyomot dari mbah gugel. Pilah-pilih mobil yang cocok namun tetap melek terhadap datanya datanya - inilah tahapan yang benar. Jika sudah menemukan mobil yang cocok, coba hubungi dan tanya-tanya info mobilnya, lalu coba intip atau sambangi alamat yang diberikan si penjual - baik rumah bagi si penjual individu maupun showroom bagi si penjual showroom - tapi tidak perlu mampir. Cukup intip dan pastikan lingkungannya tidak membuat kening mengkerut.

"Perjuangan amat?"
Memang mesti perjuangan, namanya juga bakal ngehabisin uang puluhan sampai ratusan juta, ya memang mesti ada pengorbanan.

"Kalau begitu kenapa nggak beli kayak biasa aja,langsung ke showroom?"
Memangnya pilihan yang ada di showroom sebanyak yang ada di internet? Memangnya bisa lihat SEMUA penawaran atau barang kalau langsung ke satu showroom? yakin nggak ada penawaran atau barang di tempat lain yang lebih bagus? Kalaupun mau susurin semua showroom atau penjual, mau berapa showroom yang mau ditelusuri tiap harinya? INILAH KELEBIHANNYA INTERNET. Semua informasi dari berbagai showroom atau individu, semua penawaran, dan bermacam-macam barang bisa langsung dipilih di Internet ditambah tidak membuat kaki pegal. Namun tidak dipungkiri tetap ada kelebihan showroom langsung yang barangnya memang sudah jelas.

Tapi kalaupun ada banyak penawaran, calon pembeli tetap mesti WASPADA sama datanya ya. Jangan langsung tergiur dengan penawarannya. Begitupun dengan penjual online, supaya makin banyak yang lirik ke dagangannya, pasang data yang valid. Jangan malas-malasan karena yang sedang dijual itu bukan keset.

2. Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya Melalui Telepon

Poin ini bisa dibilang bagian dari yang ada di poin pertama tadi. Bagaimanapun penjual kelasan mobil pasti akan mencantumkan nomor telepon mereka di dagangannya. Hubungi nomor itu, dan temukan informasi sebanyak-banyaknya tentang barang yang akan dijual. Selain itu, gaya bahasa penjual asli sama penjual 'lukisan' bisa ditebak dengan mengobrol lama dengan calon penjual. Biasanya yang penjual asli akan menjawab pertanyaan calon pembeli nya dengan sangat fasih, sedangkan penjual 'lukisan' cenderung terbata-bata dengan kebanyakan pertanyaan yang diajukan calon pembelinya.

"Ah, gue kalau mau beli dan nanya-nanya lewat telepon, kadang penjualnya kayak nggak niat. Jawabnya jutek. Kadang malahan minta langsung to the point supaya langsung datang aja ke tempatnya dan liat langsung barangnya."
Sekali lagi perlu diingat, bahwa yang sedang ditransaksikan secara online itu BUKAN KESET. Penjual dan pembeli pastinya sedang dalam posisi saling butuh. Jadi kalau hanya salah satu yang terkesan butuh, tinggalkan dan cari yang lain. Masih banyak kan pilihannya? Kalau yang sombong penjual, tinggalkan penjualnya, bisa saja alasan kesombongannya untuk menutupi kriminalnya. Jika yang sombong pembelinya, tinggalkan dan tunggu penawar lain karena bisa saja itu pembeli palsu atau orang iseng yang cuma mau menawar. Penjual dan pembeli dalam kasus jual beli mobil online sedang berada dalam posisi saling butuh - penjual mau mobilnya terjual cepat dan pembeli mau punya banyak pilihan dan tawaran mantap. Sama-sama saling butuh, sama-sama diberi kemudahan, berarti sama-sama harus jaga kepercayaan.

"Terus kenapa kalau gue beli di showroom langsung, pembelinya dilayanin banget?"
Karena pembeli dan penjual sudah sama-sama merasa aman di situ. Penjual aman karena sangat minim kemungkinan pembeli yang datang mau merampok, karena selain ada security nya, pembeli repot juga mesti jebol kaca showroom terlebih dahulu. Pembeli aman karena barang yang sedang dijual di showroom, tidak mungkin hasil download-an di gugel. Makanya jual beli mobil langsung dengan jual beli mobil lewat informasi internet tidak bisa disamakan. Tapi sekali lagi diingatkan, yakin pilihan barang dan penawaran kalau datang ke tempatnya langsung akan sama beragamnya dengan yang ditawarkan melalui internet? Sama-sama punya kelebihan, sama-sama punya kekurangan.

3. Lakukan Pertemuan Di Tempat Aman

Jika sudah merasa cocok dengan mobilnya, datanya dirasa aman, informasi sudah terkumpul semua pastilah kita akan sampai pada tahap akhir yaitu ketemuan. Tapi tahap akhir bukannya luput dari konspirasi. Jadi tetap harus waspada. Usahakan lakukan pertemuan di area aman. Seperti apa area aman? Area yang tidak rawan untuk penjual karena bisa jadi pembeli bawa kabur mobil nya waktu Test-Drive atau rawan bagi pembeli karena bisa jadi uangnya yang dibawa kabur. Bisa di suatu komplek yang tidak sepi, di taman yang sarat pengunjung, atau bisa jadi parkiran mall. Terserah. Yang penting pembeli dan penjual bisa merasa aman satu sama lain.

"Lah di gue, penjual/pembeli nya cuma mau disamperin ke rumahnya, katanya cuma bisa di rumahnya" atau "kan showroom? nggak mungkin dong janjiannya di luar? mesti ke showroom nya langsung lah."
Sesuai yang disampaikan tadi, jika memang harus menyambangi tempatnya, maka intip rumah/showroom nya dahulu. Kalau tempatnya membuat kening mengkerut, mencurigakan, dan terlihat tidak nyaman maka tinggalkan.

Pada tahap ketemuan ini tetap jangan lupa untuk membawa seorang rekan yang paham betul soal mobil. Karena saat hampir memasuki tahap transaksi, kita perlu masukan dari ahlinya.

Itulah ketiga poin penting agar kita bisa terhindar dari tidak kriminal jual beli mobil online. Masing-masing antara jual beli mobil online dengan jual beli mobil offline punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung kita mau ambil kelebihan yang mana dan akan mengantisipasi kekurangannya dengan cara yang bagaimana pula.

Sekian Otofriends. Semoga berguna ya. :)


Pencarian Lain: Tips dan Trik Seputar Mobil, Komunitas Mobil, Cari Mobil Baru, Cari Mobil Bekas, Harga Mobil Baru, Harga Mobil Bekas, Jual Beli Mobil, Jual Mobil Baru, Jual Mobil Bekas

Source: TA Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel_reksamediaPitstop