Otopedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

Cara Memulai Bisnis Mobil Bekas

Sep 30, 2014

Cara Memulai Bisnis Mobil Bekas

Kebanyakan orang yang sudah gemar dan benar-benar paham mengenai seluk-beluk mobil tak jarang untuk memanfaatkan kesenangannya tersebut menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah memulai bisnis mobil bekas dengan memperjual- belikan mobil bekas. Terlebih di Indonesia sendiri dimana mobil masih ramai peminat  dan menjadi pilihan utama transportasi pribadi bagi para konsumen yang memiliki cukup uang, meski dalam kondisi bekas sekalipun mobil tersebut tetap mendapat tempat dihati para peminatnya. Harga yang murah juga menjadi sebab mengapa penjualan mobil bekas tak  pernah surut meski mobil tipe baru bermunculan tiap tahunnya, untuk itu bukanlah pilihan yang salah jika Anda penggemar otomotif memilih bisnis mobil bekas. Namun sebelum Anda memulai bisnis mobil bekas beberapa hal dibawah ini perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Memulai Bisnis Mobil Bekas

  • Bisnis mobil bekas merupakan bisnis yang membutuhkan modal besar karena seperti yang kita tahu harga mobil sendiri memang tidak murah. Pastikan Anda sudah cukup modal yang diperkirakan mampu untuk sewa tempat berjualan serta membeli mobil bekas untuk dijual kembali.

  • Tak bisa sembarang orang untuk menjalankan bisnis ini, setidaknya orang yang menjalankan bisnis mobil bekas sudah mengerti seluk beluk mobil jenis apapun. Jika pengetahuan soal otomotif belum mumpuni sebaiknya segerakan diri untuk belajar tentang otomotif, karena bisnis mobil bekas akan berjalan kurang optimal jika yang menjalankan sendiri tak paham otomotif.

  • Perluaslah jaringan agar koleksi mobil bekas Anda lebih variatif, memiliki nilai jual yang tinggi dan mengundang banyak peminat untuk datang kelokasi tempat Anda membuka usaha. Bila perlu membangun relasi dengan para makelar mobil yang sudah berpengalaman.

  • Merekrut orang yang bisa memperbaiki mobil, karena bukannya tidak mungkin Anda bekerja sendiri namun sebaiknya dalam usaha Anda memiliki anggota tim yang bisa diandalkan agar bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi, seorang montir bertugas ‘mempercantik’ kembali mobil bekas baik dari segi mesin, interior maupun eksterior demi harga jual yang lebih tinggi. Atau Anda juga bisa bekerjasama dengan bengkel mobil terdekat.

Jika sudah paham mengenai dasar-dasar dalam memulai usaha mobil bekas selanjutnya Anda bisa dapat langsung memulainya, namun yang perlu di ingat untuk memulai bisnis apapun, termasuk bisnis mobil bekas diperlukan ketekunan dan kesabaran terlebih usaha mobil bekas adalah bisnis yang tidak bisa kita samakan dengan berjualan makanan yang tiap harinya selalu ada penjualan, tekunilah dengan baik hingga akhirnya Anda mendapat untung yang besar.

Tips Dalam Jual Beli Mobil Bekas

·         Memastikan mobil yang akan Anda jual dalam kondisi baik, mesin yang prima, juga penampilan yang menarik, jika ada bagian yang rusak harap diperbaiki namun bila perlu diganti maka gantilah agar pembelipun puas membeli mobil Anda.

·         Jangan berusaha menutupi kecacatan atau kondisi buruk kepada calon konsumen demi kepercayaan, jujurlah kepada pembeli tentang kondisi mobil tersebut namun tak lupa pula ceritakan sisi baik dan keuntungan yang akan diperoleh pembeli jika mereka membeli mobil tersebut.

·         Kelengkapan surat-surat mobil saat transaksi dan kelengkapan data diri konsumen, surat perjanjian antara pembeli dan penjual juga harus dibuat dengan jelas dan dilengkapi materai.

·         Demikian informasi untuk Anda yang ingin memulai bisnis mobil bekas, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Source: otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel_ariamediaPitstop