Pecah Kaca Mobil.jpg

5 Cara Agar Terhindar dari Pencurian Pecah Kaca Mobil

Selasa, 5 Mei 2020 15:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Nasib nahas menimpa influencer sekaligus dokter Tirta Mandira Hudhi. Mobil BMW E60 yang dikendarai pria yang akrab disapa dr Tirta ini dibobol maling dengan modus pecah kaca di kawasan Kencana Loka, BSD City, kemarin.

Dia menggugah insiden yang menimpanya tersebut lewat akun Instagram @dr.tirta. “Kejahatan ada karena ada kesempatan. Baru mampir minimarket, ealah balik2 gini. Kaca mobil saya dipecah, Alhamdulillah nyawa masih aman ! Stay safe !,” tulisnya.

Pencurian dengan modus pecah kaca memang bukanlah hal baru. Cara memecahkan kaca tersebut juga cukup mudah, pecahan busi yang berbahan keramik dibasahi terlebih dulu kemudian serpihan kecil-kecil tersebut dilempar ke kaca yang tertutup rapat, lalu ketika kaca sudah retak pencuri langsung mendorong kaca ke arah dalam untuk merobohkan kaca mobil tersebut.

Kejadian tersebut sebenarnya bisa kita cegah. Lalu, bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa Anda terapkan dari toyota.astra.co.id, agar terhindari dari aksi pecah kaca mobil.

1. Parkir di tempat aman

Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau oleh pemilik mobilnya.

[Baca Juga: Tiga Teknik Parkir Paralel yang Benar dan Mudah]

Memang sebaiknya hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi. Khusus di malam hari, hindari parkir di tempat gelap.

2. Jangan menutup kaca secara penuh saat parkir

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian yang tidak diinginkan. Misalnya parkir di siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara.

Dengan begitu, pelaku pencurian pecah kaca mobil diyakini akan kesulitan memecahkan kaca dengan pecahan busi.

3. Pasang alarm mobil

Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut-off. Hal ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan.

4. Pakai kaca film

Cara lain mencegah aksi pencurian kaca mobil adalah dengan memaang kaca film. Seperti diketahui, 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Untuk itu, disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas.

5. Simpan barang di tempat aman

Untuk menjamin keamanan barang di dalam mobil, kamu bisa menyimpan barang berharga di tempat tertutup dalam mobil.

Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi, serta juga bisa manfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV (Sport Utility Vehicle), atau hatchback.

[Baca Juga: Hatchback]

Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil, atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar.

Demikian 5 tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari pencurian modus pecah kaca mobil. Jadi, Di manapun kendaraan diparkir, Anda harus tetap selalu waspada.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti