Suzuki XL7.jpg

Ada Tiga Varian Suzuki XL7, Ini Detail Perbedaan dan Harganya

Minggu, 16 Februari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Pasar otomotif Indonesia kembali kedatangan model low Sport Utility Sport (SUV) terbaru dari Suzuki, yakni XL7. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan mobil terbarunya tersebut dengan tiga pilihan varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Dari tiga varian tersebut memiliki sejumlah perbedaan, baik dari sisi eksterior maupun interior. Apa saja perbedaannya?

Semua varian XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual (MT) 5-speed maupun otomatis (AT) 4-speed.

Mesin XL7.jpg

Dari sisi dimensi pun, semua varian Suzuki XL7 memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm. Sedangkan ground clearance setinggi 200 mm. Sehingga mobil SUV ini mampu melibas segala medan, baik jalan aspal maupun berbatu.

[Baca Juga: SUV Baru Suzuki XL7 Resmi Dipasarkan, Harga Mulai Rp230 Juta]

Suzuki XL7 Zeta

Pertama, kita bahas varian terendah dari XL7. Tampilan eksterior varian ini bisa dibilang cukup gagah. Ini tak lepas berkat adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, dan roof rail. Sedangkan pada lampu utama, sudah menggunakan teknologi bold LED headlamp with DRL (auto-on). Bold LED juga terpasang pada bagian lampu belakang.

Untuk bagian door handle didesain dengan warna yang sedang dengan bodi. Sedangkan pada bagian bawah, mobil ini menggunakan velg 16 inci yang dibalut dengan warna hitam.

Vleg XL7.jpg

Ke dalam mobil, nuansa kabin dibuat bernuasa gelap mulai dari dasbor hingga joknya. Pada bagian dasbor terdapat fitur entertainment berupa head unit berukuran 8 inci dengan layar sentuh.

Fitur yang disematkan pada varian ini juga cukup berlimpah. Terutama pada fitur keamanan dan keselamatan, varian Zeta sudah dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, rear parkir sensor, kunci immobilizer. Namun tidak dilengkapi dengan hill hold control dan Electronic Stability Programme (ESP).

Pilhan warnanya ada Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey. Sedangkan harganya, varian ini ditawarkan Rp230 juta untuk transmisi manual, sedangkan transmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp240.500.000.

Suzuki XL7 Beta

Pada dasarnya, varian ini membawa semua kelengkapan yang ada pada varian Zeta. Namun, ada peningkatan di sejumlah sektor. Pada sektor lampu belakang sudah mendapatkan tambahan light guides dan door handle berlapis chrome.

Interior XL7.jpg

Pada lingkar kemudi juga sudah dibalut material kulit, AC sudah auto climate, dan terdapat arm rest di depan dan baris kedua jok. Kelengkapan fitur lainnya, varian Beta memiliki power outlet di tiap baris dan tambahan dua audio tweeter di depan.

Sedangkan fitur keselamatannya sendiri sudah dilengkapi hill hold control dan Electronic Stability Programme (ESP). Semenatara harganya dimulai dari Rp246.500.000 (MT) dan Rp257.000.000 (AT).

Suzuki XL7 Alpha

Diposisikan sebagai varian tertinggi, tentunya fitur yang disematkan pun lebih komplet dibanding dua varian sebelumnya. Contohnya pada eksterior, varian Alpha memiliki pilihan two tone colour, rear upper spoiler, number plate garnish chrom, door visor, serta emblem Alpha.

Lebih lengkap lagi ketika masuk ke dalam kabin. Ini tak lepas adanya door sill guard dan fitur Smart E-Mirror yang bisa digunakan sebagai kamera layakanya dash cam. Untuk fitur keamanan, serupa dengan yang ada di varian Beta. Tapi, untuk harga varian ini dibanderol mulai dari Rp265.500.000 (MT) dan 267.000.000 (AT).

Harga XL7.jpg

Bagaimana, Anda tertarik dengan yang mana?

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift