SIM Internasional.jpg

Cara dan Tarif Pembuatan SIM Internasional dengan Sistem Online

Rabu, 11 Maret 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sebelum mengemudikan kendaraan, baik motor ataupun mobil, pengendara tentunya diwajibkan harus mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) terlebih dahulu. SIM menjadi bukti sahnya seseorang diperbolehkan mengemudikan kendaraan di jalan. Tentunya dengan kemampuan yang mumpuni, sehingga tak menjadi penyebab kecelakaan.

Sebagian tentu sudah mengetahui bagaimana cara dan syarat untuk membuat SIM. Pemohon bisa mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM dan mengikuti langkah-langkah pembuatannya.

Namun perlu diketahui, SIM yang dibuat di dalam negeri (Indonesia) tidak serta merta berlaku di luar negeri. Artinya, bagi wisatawan yang hendak mengemudi atau melakukan road trip di luar negeri wajib memiliki dokumen legal berupa SIM Internasional. Lalu, bagaimana cara membuat SIM Internasional?

Mulai Februari 2020, Korlantas Polri memberikan kemudahan bagi pemohon yang ingin membuat SIM Internasional. Kini, pemohon SIM Internasional bisa mendaftarnya secara online dengan mengunjungi situs korlantas.polri.go.id.

[Baca Juga: Ini Langkah-langkah Membuat Smart SIM]

Berikut ini, Otopedia coba memberikan panduan bagaimana proses dan syarat pembuatan SIM internasional yang dilansir dari Korlantas Polri.

Persyataan SIM Internasional

- SIM asli (Original Driving License)

- KTP asli (Original ID Card)

- PASPOR asli (Original Passport)

- Hasil Print/Capture Pendaftaran dan Bukti Pembayaran (Printed/Captured Registration and Payment Receipt)

- KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) Khusus WNA (Permanent Stay Permission Card) Only For Foreigners

- Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak

Untuk biayanya pembuatan SIM Internasional telah diatur dalam PP No.60/2016. Seperti untuk pembuatan SIM Internasional baru dikenakan biaya sebesar Rp250.000. Sedangkan perpanjangnya adalah sebesar Rp225.000.

Setelah persyaratan di atas telah dipenuhi, selanjutnya pemohon bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik tombol Daftar pada laman korlantas.polri.go.id.
  • Isi formulir registrasi online.
  • Unduh dan cetak bukti registrasi online.
  • Datangi gerai SIM Internasional pada tanggal yang dipilih dengan membawa serta semua berkas persyaratan dan bukti registrasi online. Gerai SIM Internasional bertempat di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bagian pelayanan SIM Internasional yang berlokasi di Jl. MT. Haryono, Jakarta Selatan.
  • Ambil nomor antrian dan tunggu panggilan dari loket verifikasi dan validasi.
  • Bayar biaya pembuatan atau perpanjangan di loket bank.
  • Setelah pembayaran, pemohon akan diberikan bukti bayar dan dipersilakan untuk melihat draft SIM Internasional sebelum dicetak. Pastikan semua yang tertulis di dalam draft tersebut sudah sesuai dengan identitas diri.
  • Tunggu panggilan dari loket identifikasi.

[Baca Juga: Balik Nama Mobil Tak Sulit yang Dikira, Ini Proses dan Biayanya]

Apabila seluruh prosedur di atas sudah dijalankan, petugas akan melakukan legalisasi dan mencetak SIM Internasional. Sedangkan masa berlaku SIM Internasional selama tiga tahun.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift