Ban KIA Seltos.jpg

Cara Memilih Ban Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda

Kamis, 12 Maret 2020 22:00 | Diangga Simanjuntak

OTOTIPS - Memilih jenis ban untuk kendaraan tersayang tentu harus diperhatikan dengan seksama. Ada baiknya Anda menggunakan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda memiliki rutinitas perjalanan sehari-hari di kota dengan menggunakan city car, maka Anda tidak membutuhkan ban berjenis off road. Agar tidak salah memilih, berikut beberapa jenis-jenis ban dan kegunaannya.

Ban berjenis Eco memiliki hambatan gulir yang rendah, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Ban Eco

Jenis ban Eco memiliki ciri khas tapaknya yang berdesain sederhana dan memiliki daya cengkeram yang cukup. Jika Anda memiliki orientasi pada kehematan bahan bakar, ban berjenis Eco adalah pilihan yang tepat. Pola tapak ban Eco mampu mereduksi hambatan gulir (rolling resistance) sehingga dapat meringankan daya kerja mesin, sekaligus mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Ban Asimetris

Sesuai dengan namanya, ban jenis ini memiliki pola kembang yang tidak simetris. Ban ini dapat mengoptimalkan pengendalian kendaraan di jalanan yang kering ataupun basah. Pola kembangan yang berbeda antara sisi luar dan dalam dapat mengoptimalkan daya cengkeram ban dan mampu menahan beban. Jenis ban ini mungkin cocok bagi Anda yang sering berkendara dengan family car.

Ban Undirectional

Ban ini dikenal sebagai ban satu arah karena memiliki pola kembangan berbentuk V atau anak panah ke arah depan. Karakter ban seperti ini biasa digunakan untuk kebutuhan sport dimana tapak ban dapat membuang tekanan dan air ke arah kiri dan kanan ban. Dengan begitu, putaran ban pun menjadi lebih lancar.

Ban Semi Slick

Salah satu jenis ban yang digemari oleh para pecinta adrenalin. Ban Semi Slick idealnya digunakan oleh kendaraan yang sering dikendarai secara antusias dan bermain dengan kecepatan tinggi. Dengan kata lain, jenis ban ini kurang sesuai untuk digunakan oleh kendaraan harian.

Ban Alur Lebar

Ban ini terbilang sangat efektif dalam membuang air, terutama pada saat hujan deras ban ini tetap mampu mencengkeram aspal dengan baik. Meski memiliki daya cengkeram yang baik di medan basah, namun ban ini kurang optimal di saat kering. Karena memiliki kembangan yang besar, maka seringkali ban tipe ini mengeluarkan suara (road noise) saat berjalan.

Ban AT

Ban A/T merupakan jenis ban All Terrain yang mampu melewati segala medan. Ban ini biasanya digunakan pada kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan medan perkotaan atau luar kota. Biasanya ban ini digunakan para pengendara jarak jauh agar dapat melewati segala medan dengan lancar. Meski demikian, ban AT tidak diperuntukan untuk jalanan berlumpur.

Pemilihan ban yang tepat juga dapat meminimalisir risiko kecelakaan.

Pemilihan ban yang tepat tentu akan memberikan Anda kepuasan berkendara. Selain itu, daya kerja kendaraan jadi lebih optimal karena sesuai dengan medan dan jenis kebutuhannya. Kira-kira jenis ban apa yang sesuai dengan kendaraan Anda?

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti