Ban Mobil.jpg

Cegah Ban Mobil Flat Spot karena Parkir Terlalu Lama

Rabu, 15 April 2020 12:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Mobil yang lama diparkir di garasi karena mengikuti imbuan pemerintah di rumah saja atau Work From Home (WFH) bukan berarti bebas dari perawatan. Dari sekian banyak komponen, ban merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, tanpa kita sadari, lama kelamaan tekanan angin pada ban akan berkurang karena mobil jarang tak digunakan. Seperti dijelaskan Ridwan, Kepala Toko OZ Tire Bintaro, masalah yang kerap muncul pada ban apabila mobil jarang digunakan adalah tekanan angin berkurang.

“Kalau tekanan angin kurang, dampaknya bisa membuat tekstur ban berubah. Ya, jadi kalau bisa ya tetap rutin dicek tekanan angin ban mobilnya,” ujar Ridwan ketika dihubungi Otopedia, Rabu (15/4/2020).

[Baca Juga: Awas! Ban Mobil Bisa Meledak Akibat Kurang Angin]

Selain faktor tekanan angin, lanjutnya, perubahan tekstur ban bisa terjadi karena tekanan dari bobot kendaraan yang terlalu lama ‘ngandang’ di garasi. Apabila didiamkan terlalu lama, ban mobil akan mengalami flat spot. Di mana permukaan ban yang tidak rata dan cenderung datar karena terus menerus menjadi titik tumpu dari beban kendaraan.

“Ban mobil yang lama didiamkan dan menahan beban mobil bisa-bisa jadi peang, istilahnya flat spot,” jelas Ridwan.

Bahkan, kata Ridwan, dampak buruknya adalah ban bisa retak dan rentan sekali meletus ketika mobil akan digunakan. Untuk mencegah hal tersebut, Ridwan menyarankan agar pemilik mobil harus melakukan perubahan posisi ban apabila kendaraan diparkir dalam waktu yang lama.

“Saran saya sih diputar bannya. Seperti maju atau mundurin sedikit mobilnya. Supaya titik tumpu bannya tidak di satu titik. Paling tidak dilakukan seminggu sekali,” ungkapnya.

Khusus untuk tekanan angin, kata Ridwan, nitrogen bisa menjadi pilihan untuk mengurangi angin keluar dari ban. Menurutnya, dibanding angin biasa, nitrogen memang punya kelebihan karena memiliki partikel udara yang lebih besar. Sehingga nitrogen akan lebih tahan lama berada di dalam ban.

[Baca Juga: 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti]

“Ini membuat tekanan ban mobil lebih tahan lama. Intinya, kalau mobil lama tak gunakan karena kondisi saat ini (pandemi Corona), rajin cek tekanan angin ban di rumah,” tutupnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti