Ford.jpg

Darurat Corona, Pabrikan Mobil Ramai-ramai Produksi Ventilator

Rabu, 1 April 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang makin meluas, membuat sebagian produsen otomotif ikut bergerak ‘banting setir’ memproduksi alat kesehatan. Salah satunya adalah Ford Motor Co, mereka menyatakan bahwa akan memproduksi 50.000 ventilator, mesin yang berfungsi membantu pernapasan bagi pasien yang terjangkit virus Corona.

Bekerja sama dengan General Electric (GE), Ford berencana melanjutkan produksi sebanyak 30.000 ventilator per bulan. Melansir reuters, Rabu (1/4/2020), Ford menyatakan desain ventilator disederhanakan serta dilisensikan oleh GE Healthcare dari Airon Corp yang berbasis di Florida. Alat bantu pernapasan ini telah memiliki izin dari Food and Drug Administration untuk dapat memenuhi kebutuhan pasien Covid-19.

Ford mengatakan akan memulai produksi ventilator di pabrik di Ypsilanti, Michigan, dengan mengerahkan 500 karyawan United Auto Workers. Produksinya sendiri akan dimulai per 20 April 2020. "Kami menggunakan dan mengerahkan seluruh teknologi untuk menjaga keselamatan pekerja," kata Adrian Price, Direktur Rekayasa Manufaktur Global Ford.

[Baca Juga: Ford dan McDonald’s Ubah Sisa Kulit Biji Kopi Menjadi Komponen Kendaraan]

Nantinya, ventilator produksi Ford tersebut akan dialokasikan atau digunakan pasien yang terjangkit virus Corona di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.

Sebelumnya, para pejabat di negara bagian yang sangat terpukul oleh pandemi Corona dan telah memohon kepada Presiden Donald Trump untuk mempercepat produksi ventilator untuk mengatasi lonjakan pasien yang berjuang untuk bernapas.

ventilator.jpg

Rumah sakit di New York sudah menggunakan satu ventilator untuk menopang dua pasien. Sementara di New Orleans hanya memiliki sebagian kecil dari ventilator yang dibutuhkan di tengah melonjaknya jumlah pasien Covid-19.

Tak hanya di Amerika Serikat, produsen otomotif asal Asia juga ikut memproduksi alat medis, yakni Maruti Suzuki India. Mereka berencana memproduksi alat medis sesuai dengan imbauan pemerintah setempat. Dalam memproduksi ventilator, Maruti Suzuki menggandeng AgVa Healthcare. Ditargetkan, setiap bulannya mampu memproduksi sebanyak 10.000 ventilator.

"Covid-19 merupakan masalah yang mendesak, dan dunia sedang berjuang melawan ini. Karena itu, perusahaan akan melakukan sedikit bantuan, seperti membuat ventilator," kata RC Bhargava, Maruti Suzuki Chairman seperti dilansir car and bike.

AgVa Healthcar dan Maruti Suzuki berkolaborasi dalam memproduksi ventilator. Maruti Suzuki akan menjamin komponen yang diperlukan dan meningkatkan sistem produksi. Sementara AgVa Healthcare akan bertanggung jawab atas teknologi, kinerja, dan seluruh hal terkait ventilator yang diproduksi.

[Baca Juga: Tangkal Virus Corona dengan Fogging Interior Mobil, Segini Biayanya]

Selain kedua produsen mobil tersebut, ada sebagian pabrikan mobil yang juga menyatakan akan memproduksi alat kesehatan untuk pasien virus Corona. Sebut saja Tesla, Dyson, dan lainnya. Dengan bantuan alat kesehatan ventilator tersebut, diharapkan bisa membantu penyembuhan pasien Corona di seluruh dunia.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift