KIA Seltos.jpg

Deretan Mobil Baru yang Bakal Mengaspal di 2020

Kamis, 9 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tahun ini, banyak kalangan yang menilai pasa otomotif akan bergairah kembali. Sebagian agen pemegang merek (APM) pun telah menyiapkan ‘jurus’ untuk bersaing dengan APM lainnya. Cara yang paling banyak atau lumrah dilakukan adalah menghadirkan mobil model baru.

Ya, menghadirkan mobil model terbaru memang menjadi salah satu strategi untuk merebut pasar. Tak heran bila, sudah banyak APM yang terang-terangan akan menghadirkan mobil baru di tahun 2020. Bagi yang penasaran mobil baru apa saja yang diluncurkan tahun ini, simak ulasannya di bawah ini.

  • Toyota Prius PHV
Toyota Prius.jpg

Pemain otomotif terbesar di Indonesia, Toyota, memastikan untuk meramaikan bursa peluncuran mobil teranyar tahun ini. Melansir kumparan.com, Kamis (9/1/2020), mereka akan meresmikan peluncuran mobil plug in hybrid bernama Prius PHV.

Sebenarnya, mobil ramah lingkungan ini sudah dijadwalkan untuk diperkenalkan pada akhir tahun lalu. Namun, kenyataannya jadwal tersebut meleset. Toyota menjanjikan akan meluncurkannya pada awal tahun ini. “Untuk Plug In Hybrid akan kami launch di awal tahun depan,” jelas Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

  • Nissan LEAF
Nissan Leaf.jpg

Mobil ramah lingkungan lainnya yang akan diperkenalkan adalah Nissan LEAF. Mobil ini merupakan kendaraan hibrida yang siap mengaspal di Tanah Air tahun ini.

Selain itu, Nissan dikabarkan juga akan memboyong Nissan Note e-Power dan SUV kompak tebarunya yang bernama Nissan Kicks. SUV ini siap menggantikan Juke yang saat ini kurang populer di pasar otomotif Tanah Air.

[Baca Juga: Menakar Tren Mobil SUV pada 2020 di Indonesia]

  • Honda City
Honda City.jpg

Tak mau kalah dengan APM Jepang lainnya, Honda juga telah menyiapkan senjata barunya dengan meluncurkan Honda City. Seperti diketahui, Honda City sudah diperkenalkan di Thailand akhir tahun lalu. Sementara di Indonesia, kehadirannya dipastikan tinggal menghitung hari saja.

Small sedan dari Honda ini mengalami sejumlah perubahan, baik di sektor eksterior maupun interior. Sedangkan dapu pacunya, mobil ini menggunakan mesin bensin 3-silinder VTEC Turbo 1.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga 120 hp dengan torsi 173 Nm.

  • DFSK Glory i-Auto
DFSK Glory i-Auto.jpg

Produsen otomotif asal Tiongkok juga dipastikan meluncurkan produk terbaru meraka. DFSK contohnya, mereka memastikan akan meluncurkan SUV, DFSK Glory i-Auto.

Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya sangat terpacu untuk menghadirkan produk terbaru di tahun 2020. Ini tak lepas dari minat konsumen terhadap kendaraan DFSK pada 2019. Pada segmen penumpang, DFSK telah menyiapkan model terbaru, yakni DFSK Glory i-Auto.

“Salah satu yang akan diluncurkan adalah DFSK Glory i-Auto dengan sejumlah ubahan desain dan fitur moden yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia,” jelas ujar Alex Pan, Sales & Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

DFSK Glory i-Auto yang sempat mejeng di ajang GIIAS 2019 ini akan menjadi flagship atau model tertinggi yang ditawarkan oleh DFSK di Indonesia. Mobil SUV ini telah disematkan fitur voice command yang disebut i-Talk. Teknologi ini dapat mengontrol berbagai fungsi elektronik mobil yang akan memberikan pengalaman berkendara yang atraktif.

  • KIA Seltos
KIA Seltos.jpg

Salah satu produsen otomotif yang bangkit dari kuburnya, yakni KIA rupanya siap menggebrak pasar Indonesia dengan menghadirkan produk teranyarnya. Di bawah manajemen baru PT Kreta Indo Artha, mereka siap meluncurkan KIA Seltos.

Mobil segmen SUV ini sejatinya sudah ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan, foto-foto KIA Seltos bocor dipublikasikan salah satu akun Instagram @kia.semarangpusat. Akun tersebut mengunggah bagian depan KIA Seltos dengan caption I'm Your Nightmare.

Adanya bocoran tersebut, diyakini launching SUV pengusik Honda HRV ini akan segera dilakukan. Banyak sumber mengatakan mobil SUV ini akan diluncurkan awal tahun ini.

  • Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki yang baru saja memperkenalkan Baleno terbaru di akhir tahun lalu, telah menyiapkan meluncurkan Ertiga Hybrid. Berbeda dengan Ertiga Diesel Mild hybrid yang sudah dipasarkan, mobil Ertiga terbaru ini akan dibekali baterai lithium-ion.

[Baca Juga: Pilihan Mobil Baru 7 Penumpang di Bawah Rp150 Juta]

Hanya saja, belum ada kepastikan detail dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki di Indonesia terkait peluncuran mobil tersebut. Jika benar diluncurkan, kehadirannya tentu akan menambah pilihan mobil ramah lingkungan di Tanah Air.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift