Holden.jpg

Duh,,, Brand Legendaris Holden Disuntik Mati

Kamis, 20 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Kabar mengejutkan kembali datang dari raksasa otomotif Amerika, General Motors (GM). Setelah melepas pasar Indonesia, mereka dikabarkan akan melepas pasar Australia dan Selandia Baru, serta menghentikan produksi merek Holden.

Ya, merek legendaris Holden asal Australia yang di bawah kendali GM akan disuntik mati pada 2021. Langkah ini ambil GM sebagai upaya untuk mengatur ulang bisnis global ke negara-negara yang menguntungkan, seperti Tiongkok, Amerika Latin, dan Korea Selatan.

Sedangkan Australia dan Selandia Baru dianggap tidak menguntungkan. Ini tak lepas capaian penjualan yang tak sesuai dengan harapan. “Australia dan Selandia Baru adalah pasar mobil setir kanan. Dengan penjualan merek Holden yang anjlok, perusahaan tidak dapat membenarkan investasi untuk terus membangun kendaraan setir kanan,” kata Presiden GM Mark Reuss seperti dilansir Reuters, Kamis (20/2/2020).

Mobil Holden.jpg

Tanda-tanda akan disuntik matinya Holden sebenarnya sudah telihat dengan ditutupnya pabrik perakitan Holden di Adelaide pada tiga tahun silam. Pada tahun lalu, Holden juga mengumumkan berhenti menjual model ikoniknya, Commodore.

Meski akan tutup, GM berjanji tetap memberikan layanan purna jual seperti servis dan garansi. Mereka akan memberikan layanan setidaknya selama 10 tahun ke depan lewat jaringan dealer yang ada di Australia dan Selandia baru.

[Baca Juga: Chevrolet E-10 Ubah Paradigma Mengenai Mobil Hot Rod Masa Depan]

Seperti diketahui, Holden adalah merek asli Negeri Kanguru. Awalnya, Holden merupakan perusahaan pembuat sadel (jok) kuda dari Australia Selatan yang beroperasi sejak 1856. Kemudian Holden merambah bisnisnya dengan memproduksi kendaraan sejak 1908. Tepat pada 1931, Holden dicaplok GM dan membentuk General Motors Holden.

Holden HQ Kingswood menjadi salah satu model favorit, tak hanya di Australia namun juga di Indonesia.

Di Tanah Air, Holden menjadi merek kendaraan yang cukup populer, terutama di era 1970-1980-an. Model-model yang pernah beredar di Indonesia antara lain mulai dari Holden Special, Belmont, Kingswood, Premier, Brougham, Statesman, Monaro, Sunbird, Torana, Commodore, Camira, Calais hingga Gemini.

Holden Commodore generasi pertama mulai mengadopsi gaya desain kendaraan Eropa.

Sebagian dari model tersebut dikenal dengan kapasitas mesin yang sangat besar. Tak jarang, banyak yang memodifikasi Holden untuk berlaga di ajang balap. Tidak sedikit pula para antusias otomotif yang menjadikan mobil Holden sebagai koleksi.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift