E-Tol.jpg

Fasilitas Top Up Tunai di Gerbang Tol Jabotabek Ditutup Sementara

Jumat, 20 Maret 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia kini tengah ‘berperang’ dalam menghambat penyebaran virus Corona atau Covid-19. Untuk mengurangi dampak penyebarannya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menerapkan social distancing secara bertahap termasuk dalam hal aktivitas transaksi tol.

Salah satu langkah yang diambil Jasa Marga adalah menutup sementara fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jabotabek yang mulai diberlakukan pada Kamis (19/3/2020), hingga waktu yang belum ditentukan.

Diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, penutupan sementara fasilitas top up tunai ini dilakukan untuk mengutamakan kesehatan dan keamanan, baik pengguna jalan maupun karyawan Jasa Marga.

“Dengan adanya fasilitas top up tunai, artinya da potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga,” ujar Heru seperti dikutip dari laman resmi Jasa Marga, Jumat (20/3/2020).

[Baca Juga: Selama Dua Pekan Aturan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan]

Agar tidak terjadi antrean transkasi di gerbang tol, Heru mengimbau para pengguna jalan tol untuk memastikan saldo uang elektronik mereka sebelum memasuki jalan tol, khususnya di tol Jabotabek. “Memastikan kecukupan saldo merupakan dukungan pengguna jalan untuk ikut menerapkan social distancing di gerbang tol,” kata Heru.

Saldo uang elektronik yang cukup juga bisa mengurangi kontak fisik sesama pengengara. Sebab banyak kasus apabila saldo kurang, sebagian pengendara mencari jalan keluar untuk melakukan peminjaman uang elektronik dengan pengendara di belakang.

“Pengguna jalan dengan saldo uang elektronik kurang dan harus meminjam di kendaraan belakangnya tetap melakukan kontak fisik berupa peminjaman uang elektronik. Ini harus dihindari,” tegas Heru.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift