Hill Start Assist.jpg

Hill Start Assist, Fitur Mencegah Mobil Mundur di Tanjakan

Senin, 10 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Banyak pertimbangan yang dilakukan sebelum membeli mobil baru. Selain desain mobil, keberadaan fitur canggih yang tersemat pada mobil tentu jadi perhatian tersendiri calon pembeli. Fitur yang canggih menjadi selling point yang banyak dicari. Salah satu fitur penting dalam kendaraan adalah Hill Start Assist.

Hill Start Assist merupakan fitur keamanan yang berfungsi menahan mobil pada saat kendaraan atau mobil berada di tanjakan atau terjebak macet. Sederhananya, fitur keamanan ini mencegah mobil mundur atau membentur kendaraan lain di belakang karena tidak kuat menanjak.

Pada fitur ini disematkan teknologi yang mampu mendeteksi putaran roda. Contohnya apabila mobil berhenti di tanjakan, sensor pada Hill Start Assist akan menahan putaran roda meskipun pengemudi melepas injakan rem saat di tanjakan. Roda akan mengunci atau mengerem secara otomatis, sehingga kendaraan tak akan mundur.

[Baca Juga: Mengenal Cara Kerja dan Mengoperasikan Electric Parking Brake]

Sementara ketika ingin melaju, pengendara cukup menginjak pedal kembali dan secara otomatis fitur Hill Start Assist akan melepas rem seiring dengan injakan gas. Untuk lama pengereman, fitur Hill Start Assist sendiri bisa menahan mobil selama 5 detik setelah pedal rem dilepaskan atau setelah mobil tertahan untuk tidak mundur.

Fungsi fitur keselamatan ini tentunya sangat berguna sekali bagi pengemudi yang sedang melewati jalan berbukit dan berada dalam kondisi macet seperti di kawasan Puncak, Jawa Barat. Bagi pengendara pemula, fitur ini sangat membantu. Mereka bisa stop and go ketika berada dalam kondisi jalan menanjak dengan aman.

Selain bagi pengendara pemula, fitur ini juga memberikan ‘angin segar’ bagi pengendara mobil transmisi manual. Sebab tak bisa dipungkiri, kadang pengemudi mobil manual ketika terjabak dalam kemacetan di jalan tanjakan, akan kesulitan saat melepas pedal rem untuk berganti ke pedal gas.

Fitur Hill Start Assist memang paling banyak dijumpai di mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau crossover terbaru. Tapi, saat ini sejumlah mobil model lainnya juga sudah disematkan dengan fitur keamanan ini. Misalnya pada Toyota Rush dan Kijang Innova.

[Baca Juga: Mengenal Fitur Teknologi Keamanan Immobilizer]

Demikian penjelasan tentang sistem keamanan Hill Start Assist yang terdapat pada mobil keluaran terbaru. Semoga informasi ini menambah wawasan para sobat Otopedia.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift