Setir Mobil.jpg

Kenali Tanda-tanda Power Steering Mobil Bermasalah

Selasa, 28 April 2020 14:00 | Galih Pratama

OTOTIPS - Power steering adalah salah satu fitur pada mobil yang berfungsi untuk membantu pengemudi dalam mengarahkan dan mengendalikan kendaraan melalui kemudi setir. Tanpa power steering, sepertinya pengemudi bakal mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggerakkan serta memutar kemudi mobil.

Seiring usia mobil ditambah dengan gaya berkendara yang kurang baik, power steering akan berisiko mengalami kerusakan. Sebelum mengalami kerusakan parah, ada sejumlah tanda-tanda power steering mobil mulai bermasalah.

Hal pertama yang paling mudah dirasakan ketika power steering bermasalah adalah setir mobil mulai terasa berat saat dikemudikan. Penyebabnya tergantung jenis power steering pada mobil. Misalnya power steering model hidrolik, setir berat biasa dikarenakan habisnya minyak power steering pada tabung reservoir.

Sementara pada power steering sistem elektrik, kerusakan tersebut biasanya disebabkan tidak berfungsinya motor listrik.

[Baca Juga: Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini]

Tanda power steering mulai bermasalah lainnya adalah setir sering kali tidak presisi lurus. Jika sudah seperti itu, tentunya sangat membahayakan ketika mengendarai mobil di jalan tol. Karena mobil akan lebih sulit dikendalikan.

Tak hanya dirasakan lewat setir, power steering yang bermasalah juga bisa dilihat dari kondisi ban, khususnya pada bagian tapak. Jika tapak ban mengalami habis yang tidak rata, bisa jadi salah satu faktor penyebabnya adalah bagian power steering yang bermasalah.

Munculnya suara atau bunyi yang tidak biasa saat mobil dibelokkan juga menjadi salah satu tanda power steering mobil bermasalah. Suara tersebut diyakini muncul karena adanya kerusakan komponen-komponen power steering yang mulai aus.

Sementara khusus mobil yang menggunakan power steering model hidrolik, kerusakaan yang paling sering terjadi karena adanya kebocoran minyak power steering di ruang mesin. Banyak faktor yang menyebabkan kebocoran tersebut, mulai dari selang-selang power steering yang getas, boot power steering yang sobek, hingga grease yang keluar dari bagian steering.

[Baca Juga: Cegah Ban Mobil Flat Spot karena Parkir Terlalu Lama]

Apabila pengemudi mengalami tanda-tanda tersebut, ada baiknya segera untuk memperbaikinya. Mengingat sistem kemudi sangat vital fungsinya untuk mengendalikan kendaraan.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti