maserati-5000gt-1.jpg

Maserati 5000 GT Lahir Karena Keinginan Shah Persia

Rabu, 4 Desember 2019 15:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Enam dekade silam, Maserati memperkenalkan sebuah mobil coupé 2+2 di ajang Salone dell'automobile di Torino (Turin Motor Show) 1959. Mobil tersebut ialah 5000 GT dan langsung saja menjadi bintang pameran saat itu. Dalam memperingati 60 tahun Maserati 5000 GT, ada cerita unik di balik terciptanya mobil dengan paras memukau ini.

Paras memukau Maserati 5000 GT

Semua berawal dari Shah Persia, Mohammad Reza Pahlavi, yang amat menyukai mobil sport berperforma tinggi. Di akhir tahun 1958, ia menjajal sebuah Maserati 3500 GT dan amat menyukainya. Namun, selanjutnya ia menginginkan performa yang lebih tinggi dan keinginan tersebut diakomodir oleh Giulio Alfieri, selaku Direktur Teknis Maserati saat itu. Langkah ini tentu saja tak terlepas dari keinginan Maserati untuk memberikan yang terbaik dari pelanggan loyalnya dan proyek dengan kode AM103 ini pun langsung dilaksanakan.

Tak tanggung-tanggung, mesin V8 yang berasal dari mobil balap Maserati 450S pun dipasang dan kapasitasnya ditingkatkan hingga 5,0 liter. Maserati 450S merupakan mobil balap yang sukses mengantar Juan Manuel Fangio dan Jean Behra dalam ajang balap ketahanan 12 jam di Sebring pada tahun 1957. Dalam pengembangan mobil pesanan Shah Persia ini, chassis asli 3500 GT pun diperkuat dan Carrozzeria Touring ditunjuk untuk memberi sentuhan ringan pada tampilan bodinya.

Carrozzeria Touring mendesain ulang sejumlah bagian bodi yang berasal dari Maserati 3500 GT

Lahirlah 5000 GT, sebuah Maserati Grand Tourer berbodi coupé 2+2 yang kemudian dikenal dengan julukan Shah of Persia, sebagai penghargaan kepada konsumen uniknya. Produksi awal 5000 GT, Maserati hanya membuat 3 unit saja. Satu tahun kemudian, Maserati 5000 GT tampil kembali di pameran Geneva Motor Show 1960 dengan sejumlah revisi pada mesinnya. Selain itu, Maserati 5000 GT juga tersedia dalam beragam pilihan bodi dari karya perusahaan karoseri ternama, yakni Allemano, Pininfarina, Monterosa, Ghia, Bertone, Frua, dan Michelotti.

[Baca Juga: Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik]

Maserati 5000 GT ternyata berhasil menggoda para sosok papan atas, karena sederet pemiliknya pun merupakan orang-orang top. Sebut saja Karim Aga Khan, Gianni Agnelli (pemimpin perusahaan Fiat), Ferdinando Innocenti (pengusaha terkemuka Italia), Stewart Granger (aktor film terkenal), hingga Adolfo López Mateos (Presiden Mexico).

Tak hanya berperforma tinggi, namun Maserati 5000 GT juga amat eksklusif

Maserati 5000 GT menjadi tunggangan yang prestisius, eksklusif, nyaman, serta berperforma tinggi. Sehingga sejumlah karakter tersebut membuatnya ideal sebagai mobil bagi para orang-orang penting dan terkenal. Karena karakternya yang super dan biaya pembuatannya yang tinggi, tak heran jika Maserati hanya membuat 5000 GT sebanyak 34 unit saja.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift