Mazda Eunos Cosmo.jpg

Mazda Eunos Cosmo, Mobil Pertama di Dunia Berteknologi GPS

Rabu, 20 November 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Teknologi mobil kian hari makin canggih. Banyak fitur yang membantu pengemudi ketika mengalami kesulitan. Salah satu fitur yang paling dibutuhkan sekarang adalah Global Positioning System (GPS). Fitur ini menjadi piranti yang sangat penting karena mampu memudahkan pengendara bernavigasi saat berkendara.

Kini, teknologi GPS memang sudah menjadi fitur yang lumrah disematkan pada mobil lansiran terbaru. Namun, jauh sebelum sistem GPS secanggih seperti sekarang ini, ada mobil yang pertama kali mengusung teknologi GPS. Mobil apakah itu?

Kebanyakan pencinta otomotif pasti menebaknya bahwa teknologi GPS diaplikasikan pertama kali pada mobil mewah lansiran Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Ferrari, ataupun lainnya. Ternyata salah besar, mobil yang pertama kali di dunia yang mengusung GPS adalah Mazda Eunos Cosmo.

[Baca Juga: GPS]

Sepertinya nama mobil tersebut terasa asing bagi para pencinta otomotif Tanah Air. Melansir olx.co.id, Rabu (20/11/2019), Mazda Eunos Cosmo diproduksi pertama kali pada 1990. Mobil mengadopsi gaya bodi coupe 2+2 namun lebih cocok disebut grand tourer.

GPS.jpg

Varian tertinggi Cosmo mendapat built in GPS dengan layar sentuh yang disebut Car Control System (CCS). Antena GPS dibuat tersembunyi di atap mobil dan layar sentuh digunakan untuk mengontrol dan memonitor semua fungsi seperti ABS, climate control, car phone, CD player, bahkan TV.

Khusus untuk tingkat keakuratan GPS di Eunos Cosmo, Mazda mengklaim bahwa GPS pada mobil tersebut memiliki tingkat akurat sampai jarak terdekat 45 meter.

Eunos Cosmo memiliki 2 pilihan mesin, yakni 13B-RE dan 20B-REW, uniknya ini merupakan mobil pertama yang mendapatkan sokongan twin sequential turbo, sehingga diklaim mampu meminimalisir gejala turbo lag.

[Baca Juga: Pro Kontra Larangan Penggunaan GPS di Mobil]

Soal tenaga, mesin berkapasitas 1.300 cc ini menghasilkan tenaga sebesar 235 tenaga kuda (tk), sementara mesin berkapasitas 2.000 cc mampu menyemburkan tenaga sebesar 300 tk dan torsi maksimum 403 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis dengan 4 percepatan.

Pada masanya, Mazda Eunos Cosmo dijual dengan harga yang tak jauh berbeda dengan BMW ataupun Mercedes-Benz. Mobil ini juga hanya diproduksi sebanyak 8.853 unit di dunia. Sayangnya, Eunos Cosmo tak mampu bersinar akibat merosotnya ekonomi Jepang. Mobil ini akhirnya tenggelam pada 1996, hanya selang 6 tahun dari awal produksinya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift