McLaren Elva.jpg

McLaren Elva, Supercar Atap Terbuka Seharga Rp23 Miliar

Jumat, 15 November 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - McLaren memberikan kejutan bagi para penggemar supercar dengan menghadirkan keluarga McLaren Ultimate Series, yakni McLaren Elva. Bergenre roadster, Elva terbaru didesain dengan atap terbuka tanpa kaca depan. Desain ini terilhami dengan McLaren-Elva yang dirancang Bruce McLaren pada 1960-an.

Melansir cnn.com, Jumat (15/11/2019), meski supercar dengan atap terbuka, McLaren tetap memberikan kenyamanan bagi para pengendaranya. Untuk mencegah angin masuk ke wajah para pengendara, Elva ini dilengkapi dengan teknologi Elva's Active Air Management System. Sistem ini menjadi yang pertama di dunia yang melindungi penumpang dengan memanipulasi udara.

Sistem keamanannya pun sudah dipikirkan dengan matang. Apabila mobil terbalik karena tabrakan, penumpang akan dilindungi oleh sistem perlindungan rollover otomatis. McLaren memang tidak menjelaskan dengan pasti mekanismen perlindungan tersebut.

[Baca Juga: Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia]

Namun, sebagai gambaran sistem perlindungan rollover ini melibatkan rollbar logam yang kuat yang dipasang dari belakang kompartemen penumpang saat sensor mendeteksi mobil hampir terbalik.

McLaren.jpg

Dari segi bobot, McLaren Elva mengandalkan sasis dan bodi serat karbon, jok unik serat karbon, serta peranti deselerasi keramik karbon berdiameter 390 mm. Dengan bahan tersebut, diklaim mobil ini sangat ringan dan membantu performa kecepatan kendaraan.

Elva sendiri ditenagai oleh mesin V8 twin-turbocharged 4.0L. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 804 tenaga kuda (tk) yang dipasang tepat di belakang kursi. Mengenai akselerasi, supercar ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer (km)/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik.

Dalam keluarga McLaren Ultimate Series, kecepatan tersebut bisa lebih cepat dari McLaren Senna. Diketahui, akselerasi sport car McLaren Senna dari 0 – 200 km/jam dengan waktu sekira 6,7 detik.

Sementara untuk produksinya sendiri, McLaren hanya menyediakan sebanyak 399 unit di dunia. Sedangkan harganya tembus di angka 1,7 juta dollar Amerika Serika atau setara dengan Rp23 miliar. Diharapkan pada akhir 2020, pihak McLaren mendistribusikan unit kepada pelanggannya.

Supercar McLaren.jpg

Sejarah Elva

Elva didesain sebagai mobil balap yang dikenal McLaren-Elva pada petengahan 1960-an. Pada masanya, supercar ini memiliki prestasi yang cukup mengilap dengan model pertamanya. Namun, selang beberapa tahun kemudian, manufactur McLaren-Elva diambil alih oleh Elva Cars Ltd.

[Baca Juga: Mahasiswa Inggris Ciptakan Supercar Bertenaga Surya]

Pada tahun 1966 majalah Road & Track menyebut bahwa supercar McLaren-Elva merupakan mobil tercepat yang pernah kami uji dan menjadi contoh pemikiran terbaru dalam mobil sport atau balap.

Masih di tahun yang sama, Elvis Presley sempat mengendarai McLaren-Elva dalam film balap musikal, Spinout. Seperti versi terbarunya, McLaren-Elva tersebut beratap terbuka yang didukung dengan mesin Oldsmobile V8 bertenaga 340 tk yang dipasang di belakang kursi pengemudinya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift