New Honda Civic RS.jpg

Melihat Lebih Detail Ubahan New Honda Civic RS

Jumat, 7 Februari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Tanah Air baru saja melakukan penyegaran pada model hatchback-nya, New Honda Civic RS. Hatchback andalan Honda ini menawarkan sejumlah peningkatan, baik dari sisi eksterior maupun interior. Lalu, seperti apa ubahan detail dari hatchback yang dibanderol Rp499.000.000 ini?

Eksterior Lebih ‘Kece’

Eksterior New Honda Civic.jpg

Seperti model sebelumnya, eksterior New Honda Civic Hatchback RS dikembangkan dengan konsep “Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette” yang terlihat dari tampilan desainnya yang sporty, revolusioner dan advanced di setiap bagiannya.

New Honda Civic Hatchback RS dilengkapi dengan Full LED Headlight dan LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian depan. Penambahan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp turut menambah kesan sporty pada bagian samping sekaligus meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Pada bagian kaki-kaki, hatchback ini menggunakan alloy wheel berukuran 17 inchi tampil dengan desain Two-Tone. Sementara di bagian belakang terdapat Rear Combi Lamp serta LED Light Bars dengan desain yang meruncing menambah kesan sporty.

Interior Makin Sporty

Interior-New Honda Civic RS.jpg

Masuk ke dalam kabin, desain interior New Honda Civic RS menampilkan desain baru yang semakin sporty. Di dalamnya dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk kenyamanan di dalam kabin. Pada konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan Capacitive Touch Screen 7 inchi dengan Smartphone Connection untuk Android dan iOS.

Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi. Sementara fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur Canggih

Salah satu fitur yang terdapat pada Civic hatchback ini adalah Smart Key. Fitur ini yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan.

Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol.

Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper, serta Rear Parking Camera.

Konsul New Honda Civic.jpg

Dibekali Banyak Fitur Keamanan

Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang. Bodi Honda Civic Hatchback juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

New Honda Civic Hatchback RS dilengkapi enam airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter yang dapat mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sedangkan ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Ada juga fitur keselamatan Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan. Selain itu, ada Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Selain itu, Honda Civic Hatchback juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal. Model ini telah melalui rangkaian uji tabrak di Honda Motor Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Mesin Turbo

Mesin New Honda Civic RS.jpg

New Honda Civic RS menggendong mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Mesin ini digandengkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Pengalaman berkendara sporty didukung dengan fitur Paddle Shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7-speed hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

[Baca Juga: Resmi Meluncur, New Honda Civic RS Dibanderol Nyaris Setengah Miliar]

Mesin mobil ini juga diklaim efisien bahan bakar berkat dukungan fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO AssistTM membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara. Tingkat emisinya pun diklaim amat rendah dan telah lulus uji standar emisi EURO 2 oleh pemerintah Indonesia, bahkan memenuhi standar EURO 4 Compliance.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift