Subaru WRX STI.jpg

Menanti Mesin Subaru WRX STI Generasi Terbaru

Selasa, 25 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Belum lama ini, Subaru mengumumkan tak akan lagi menggunakan mesin EJ20 yang menjadi identitas dari Subaru WRX STI. Sebagai bentuk perpisahan, mereka memproduksi Subaru WRX STI Final Edition. Namun perlu diingat, bukan Subaru WRX STI yang dihentikan produksinya, tapi hanya bagian dapur pacu yang ganti. Pergantian mesin tersebut rupanya menimbulkan banyak pertanyaan, mesin apa yang nantinya akan digunakan pada Subaru WRX STI.

Teka-teki mesin baru Subaru WRX STI pun sepertinya mulai terkuak. Melansir Carscoops, Selasa (25.2/2020), generasi mesin Subaru WRX STi akan menggunakan mesin boxer 2.400 cc empat silinder FA20 plus turbo dengan tenaga minimal 400 hp dan torsi 489 Nm.

Jika dibanding dengan mesin WRX STI Final Edition, mesin terbaru ini memiliki tenaga lebih besar 90 hp. Seperti diketahui, WRX STI Final Edition memiliki semburan tenaga hingga 308 dk pada 6.400 rpm dan torsi sebesar 422 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin Subaru.jpg

[Baca Juga: Lebih Dekat dengan Dua MINI Bertenaga Hingga 306 HP]

Mesin 2,4 liter empat silinder turbocharged terbaru Subaru WRX STI telah megalami sejumlah perubahan untuk meningkatkan performanya. Mesin ini sudah diperkuat dengan piston baru. Selain itu, timing balance yang lebih optimal, katup dan intake manifol yang sudah didesain ulang dan boost turbo yang lebih besar. Sedangkan pilihan transmisinya lebih condong mengarah pada transmisi manual.

Ada juga informasi bahwa mesin yang dipelajari oleh Subaru termasuk mesin M139 milik Mercedes-AMG, seperti A45, CLA45 dan GLA45. Harus diakui, mesin tersebut memang dinobatkan sebagai mesin empat silinder terkuat. Pasalnya, mesin tersebut sanggup menyemburkan tenaga 416 hp dan hampir 500 Nm dari mesin 2.000 cc turbo. Mesin ini bisa dibilang cukup ‘gila’ jika mengaspal di jalanan umum.

Seperti diketahui, Subaru WRX STI awalnya menggendong mesin EJ20, salah satu mesin boxer legendaris Subaru. Mesin ini terbukti sukses membawa banyak tim reli memenangkan kejuaraan dunia era 1990-2000an. Beberapa model sempat mendapatkan tenaga dari mesin ini, seperti Forester, Outback dan Impreza.

Untuk mengenang jasanya, Subaru meluncurkan WRX STI Final Edition. Itu sebagai tanda bahwa pabrikan tidak lagi melanjutkan produksi mesin EJ20. Mobil tampil perdana di ajang 46th Tokyo Motor Show. WRX STI Final Edition hanya dipasarkan di Jepang dengan total 555 unit saja.

[Baca Juga: Cuma 50 Unit, Ford Mustang Edisi Carroll Shelby Siap Diperkenalkan]

Sementara untuk Subaru WRX STI dengan mesin terbaru sendiri dikabarkan akan mulai dipasarkan pada tahun depan. Patut kita tunggu kehadiran Subaru WRX STI dengan mesin terbaru ini.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift