Mesin KIA Seltos.jpg

Menilik Dapur Pacu Unggulan All-New KIA Seltos

Selasa, 21 Januari 2020 17:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - All-New KIA Seltos baru saja melangsungkan debutnya di Indonesia. Sport Utility Vehicle (SUV) yang diluncurkan oleh PT Kreta Indo Artha ini dipasarkan untuk membidik konsumen muda yang dekat dengan aspek teknologi masa kini. Dengan sejumlah teknologi pada SUV tersebut, mesin 1,4 liter yang diusung KIA Seltos menjadi salah satu yang diunggulkan. Otopedia pun menelusuri lebih dalam sederet aspek keunggulannya.

Khusus untuk All-New KIA Seltos yang dipasarkan di Indonesia, menggunakan unit mesin Kappa 1.4 T-GDi (berkode G4LD). Mesin empat silinder ini memiliki kapasitas 1.353 cc, dilengkapi dengan turbocharger dan sistem bahan bakar direct injection. Mesin bertenaga maksimum 140 PS ini tergolong memiliki karakter yang halus dan tenang, layaknya sebuah mesin berkonfigurasi V6.

All-New Seltos menjadi gebrakan pertama KIA di Indonesia untuk awal tahun 2020

Material alumunium digunakan untuk blok mesin dan kepala silinder yang berkonfigurasi dual overhead camshaft (DOHC). Selain itu, intake manifold terbuat dari plastik dan memiliki fitur Variable Induction System. Sistem Dual CVVT yang mengatur waktu bukaan katup masuk dan buang pun diterapkan pada mesin ini. Agar meminimalisir jumlah komponen, maka saluran gas buangnya dibuat terintegrasi dengan kepala silinder.

Mesin modern tentu mengejar tingkat efisiensi tinggi, salah satunya dengan melakukan manajemen suhu mesin yang optimal. Sistem pendinginan mesin Kappa 1,4 liter ini memiliki dua jalur pendinginan terpisah, dengan dua termostat yang mengatur debit air untuk kepala silinder (beroperasi pada 88˚ Celcius) dan blok mesin (beroperasi pada 105˚ Celcius).

[Baca Juga: Membedah Spesifikasi dan Fitur Mobil SUV KIA Seltos]

Sedangkan unit turbocharger yang disematkan ialah model single-scroll dengan electric wastegate actuator, sehingga torsi maksimum sebesar 242 Nm sudah tersedia di putaran rendah (1.500-3.200 rpm). Sedangkan untuk sistem bahan bakar direct injection pada mesin ini mampu beroperasi hingga tekanan 200 bar dan didukung oleh injektor dengan 6 lubang.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift