Tol Pondok Aren.jpg

Mulai Besok Tol Pondok Aren – Serpong Berlakukan Tarif Baru

Kamis, 30 Januari 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – PT Bintaro Serpong Damai selaku pengelola Jalan Tol Pondok Aren-Serpong akan memberlakukan penyesuaian tarif baru per 31 Januari 2020 tepat pukul 00.00 WIB. Penyesuaian ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1233/KPTS/M/2019 tentang penyesuaian tarif pada ruas Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai Purwoto menjelaskan, penyesuaian tarif ini diterapkan setelah adanya penilaian dan evaluasi atas pemenuhan seluruh Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Keputusan ini juga dihitung berdasarkan angka inflasi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama 2 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu sebesar 7,60 persen,” kata Purwoto saat konferensi pers di kawasan BSD City, kemarin.

[Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Akan Jajal Tol Layang Cikampek]

Diketahui, saat ini ruas Jalan Tol Pondok Aren – Serpong yang dikelola PT Bintaro Serpong Damai mempunyai dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol Pondok Aren 1 dan Pondok Aren 2 yang terdiri dari tujuh gardu tol yang beroperasi.

“Nantinya, tarif tol di tiap gerbang dibagi menjadi lima golongan kendaraan sesuai dengan pengelolaan kendaraan di jalan tol yang ditetapkan pemerintah,” tambahnya.

Tarif tol untuk ruas tol Pondok Aren-Serpong terbaru akan berlaku pada 31 Januari 2020 tepat pukul 00.00 WIB. Rinciannya, untuk golongan 1 tarif yang diberlakukan adalah Rp6.500 menjadi Rp7.000. Kemudian, untuk golongan II dari Rp11.500, kini menjadi Rp13.500.

Sementara golongan III mengalami penururan harga. Tarif lama pada golongan ini awalnya Rp14.000 menjadi Rp13.500. Pun demekian dengan golongan IV, yang semula Rp17.500 menjadi Rp16.000 dan terkahir golongan V dari Rp21.000 menjadi Rp16.000.

"Tarif baru itu, nantinya akan disesuaikan secara otomatis dengan tarif tol lain yang ruas jalannya bersinggungan dengan Tol BSD, seperti Tol JORR dan Tol Serpong-Kunciran," tuturnya.

[Baca Juga: Perhatikan! Ini Jarak Aman Mobil Saat Mengemudi di Jalan Tol]

Terkait dengan penyesuaian tarif ini, manajemen PT Bintaro Serpong Damai telah melakukan sejumlah sosialisasi dan edukasi melalui berbagai media, seperti lewat media sosial, poster, spanduk, dan lainnya. “Tujuannya, agar masyarakat khususnya penggunakan Jalan Tol Pondok Aren – Serpong dapat mengetahui informasi mengenai penyesuaian tarif tersebut,” tutup Purwoto.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift