Nano Cellulose Vehicle Supercar.jpg

Nano Cellulose, Supercar Berbahan Limbah Pertanian

Selasa, 5 November 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Mendengar kata limbah pertanian, pasti di bayangan sebagian orang adalah barang atau sampah yang sudah tak berguna lagi. Tapi, di Jepang, limbah tersebut ternyata bisa disulap menjadi bahan dasar untuk merakit atau membuat supercar yang ramah lingkungan.

Adalah Nano Cellulose Vehicle (NVC), supercar ini merupakan purwarupa mobil dengan memanfaatkan penggunaan bahan selulosa nanofiber (CNF) pada produk otomotif. Mobil ini dikembangkan bersama oleh konsorsium 22 universitas Jepang, lembaga penelitian, dan perusahaan pemasok suku cadang otomotif di Jepang.

[Baca Juga: Japan Domestic Market]

Melansir carscoops.com, Selasa (5/11/2019), hampir seluruh komponen mulai dari bodi, pintu, atap, dan kap mobil seluruhnya dikembangkan dari CNF yang berasal dari tanaman dan limbah pertanian daur ulang.

Eksterior Nano Cellulose.jpg

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan konsorsium tersebut, pembuatan suku cadang otomotif dari bahan CNF terbukti bisa mengurangi kadar karbon dioksida (CO2) di udara. Alhasil, bodi mobil ini lebih ringaan 10 persen dari mobil biasa dan lima kali lebih kuat dari baja.

Dari segi tampilan, mobil ini memiliki grille yang kecil dan tajam. Sedangkan headlamp-nya sendiri terlihat sangat sipit. Sedangkan pintu mobil dilengkapi dengan pintu kupu-kupu, roda multi-spoke, dan bagian belakang didominasi oleh lampu belakang. Jika ditelaah, tampilan luar mobil ini mirip dengan Lamborghini atau Honda NSX.

Interior nano Cellulose Supercar.jpg

Beranjak ke bagian kabin, tampilannya sangat elegan dan simpel dengan elemen khas Jepang yang unik. Kursinya dilapisi kain kimono, sementara dasbor minimalis dengan motif bunga di beberapa bagian.

Selain itu, terdapat juga panel sport Nano Cellulose Vehicle yang dibalut kayu dan setir dua palang dengan shifter dayung. Sementara pada panel instrumen sudah menggunakan sistem digital yang cukup canggih.

[Baca Juga: Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia]

Mengenai dapur pacu, mobil konsep ini diperkirakan menggunakan sel bahan bakar hidrogen dan memiliki kecepatan maksimal yang rendah, yakni 20 kilometer/jam. Jika dilihat dari tenaganya tersebut, memang sepertinya kurang sebanding dengan tampilan mobilnya yang terlihat layaknya supercar.

Bodi Nano Cellulose Supercar.jpg

Namun perlu diingat, kendaraan ini masih berupa konsep. Tentunya, masih banyak pengembangan yang akan dilakukan untuk menyempurnakan mobil ini. Termasuk perubahan pada mesin maupun bagian lainnya.

Diketahui, NVC si supercar berbahan daur ulang limbah pertanian ini sudah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2019. Kehadirannya cukup menyita perhatian dari pengunjung pameran otomotif terbesar di Negeri Sakura tersebut.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift