Busi NGK.jpg

NGK Rilis Busi Khusus Mesin NR Toyota dan Daihatsu, Harganya Rp45 Ribu

Rabu, 20 Mei 2020 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - PT NGK Busi Indonesia resmi meluncurkan varian G-Power baru dengan kode LKAR6AGP. Busi terbaru ini khusus diperuntukkan untuk produk keluaran mobil Toyota dan Daihatsu.

Jimmy Tjan, selaku Senior Manager Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia menjelaskan busi LKAR6AGP diciptakan dan disempurnakan khusus untuk mobil Toyota dan Daihatsu yang menggunakan mesin tipe NR.

“Mesin tipe NR memiliki spesifikasi 4 silinder segaris DOHC dengan kapasitas mulai dari 1.200 cc hingga 1.500 cc, serta dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i yang membuat konsumsi BBM dan emisi gas buang lebih rendah,” ujar Jimmy.

Seperti diketahui, mobil-mobil Toyota dan Daihatsu yang menggunakan mesin tipe NR tak hanya Avanza dan Xenia saja. Tapi juga Toyota Rush, Yaris, Vios, Sienta, Agya, dan Calya. Sedangkan Daihatsu ada Terios, Ayla, dan Sigra.

Busi NGK.jpg

[Baca Juga: Jangan Ragu Periksa Kondisi Busi Ketika PSBB]

Lebih jauh Jimmy menjelaskan, peluncuran busi khusus NR Engine tersebut sebagai jawaban atas banyaknya permintaan para pelanggan untuk meluncurkan produk NGK dengan harga terjangkau untuk mobil 'sejuta umat'.

“Total populasi mobil bermesin tipe NR diyakini telah mendominasi pasar roda empat di Tanah Air. Kehadiran busi terbaru ini menjadi peluang bagi PT NGK Indonesia, sehingga secara khusus mereka mencoba untuk menciptakan formula baru agar dapat memberikan busi berkualitas dan terjangkau,” tambahnya.

Menurut Jimmy, harga busi NGK LKAR6AGP jauh lebih rendah 50 persen jika dibandingkan dengan busi Original Equipment Manufacturer (OEM) Toyota atau Daihatsu NR Engine. Dari sisi kinerja pun diklaim sama seperti dengan busi OEM. “Kinerja businya seimbang dengan busi OEM,” kliam Jimmy dalam keterangan resminya, Rabu (20/5/2020).

Untuk harganya, NGK memasarkan busi NGK LKAR6AGP ini memang dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp45 ribu per buah.

Meski terjangkau, bukan berarti kualitas busi ini terabaikan. Justru, menurut Diko Octaviano, Tecnhical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan bahwa busi NGK LKAR6AGP memiliki beberapa fitur.

“Dari materialnya menggunakan bahan platinum yang memiliki tingkat leleh yang tinggi dan konduktivitas listrik yang baik sebagai bahan dasar central electrode,” katanya.

Selain itu, ketebalan central electrode hanya 0.6 mm yang memungkinkan lebih banyak campuran bahan bakar dan udara untuk menciptakan percikan dengan hasil ledakan energi yang lebih tinggi.

“Titik pengapian yang terfokus dan presisi, sehingga pembakaran lebih cepat terjadi di bagian inti api dan efek quenching atau hambatan pertumbuhan inti api,” ujar Diko.

[Baca Juga: Apa Perlu Pakai Busi Racing untuk Harian?]

Fitur penting lainnya, lanjutnya, sistem pembersihan busi sudah otomatis sehingga tidak akan terjadi carbon fouling dan emisi gas buang jauh lebih rendah, dan tentunya akan lebih ramah lingkungan.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift