McLaren Senna.jpg

Novitec Suntik Tenaga McLaren Senna Hingga 889 HP

Kamis, 16 April 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sejak dipasarkan Desember 2017, McLaren Senna digadang-gadang sebagai salah satu supercar modern dengan kinerja performa kecepatan tinggi. Wajar saja, sebab supercar yang didedikasikan untuk mendiang legenda pembalap F1 Ayrton Senna ini, ditenagai mesin M840TR twin-turbo V8. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 789 hp dan torsi 800 Nm.

Rupanya, kecepatan tersebut dianggap Novitec, salah perusahaan tuning asal Jerman, dirasa kurang ‘nendang’. Sehingga mereka bereksperimen dengan menyuntik tenaga McLaren Senna lebih gahar dari versi standarnya. Bagaimana caranya?

Melansir caranddriver.com, Kamis (15/4/2020), Novitec yang dikenal dengan interpretasi gilanya terhadap supercar ini, meracik kembali mesin standar McLaren Senna. Tenaga mesin standar di-upgrade dengan penambahan ECU Piggyback untuk mendukung manajemen mesin, sehingga menghasilkane peningkatan tenaga kuda dan torsi.

Knalpot McLaren Senna.jpg

[Baca Juga: McLaren Elva, Supercar Atap Terbuka Seharga Rp23 Miliar]

Selain ECU, untuk menambah performa mesin, Novitec Senna dilengkapi dengan sistem knalpot berperforma tinggi Novitec's Race GTR. Dua pipa knalpot dibuat dari bahan stainless yang dipoles dengan lapisan hitam matte.

Hasilnya cukup mengesankan. Pada tahap tertinggi, Senna Novitec mampu menghasilkan 889 tenaga kuda pada 7.100 rpm dan torsi 888 Nm pada 6.300 rpm. Dalam uji coba internal, Novitec mengklaim Senna racikannya mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dengan waktu 2,7 detik dan 200km/jam mampu ditempuh dalam waktu 6,5 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya bisa mencapai 335 km/jam.

Velg McLaren Senna.jpg

Sementara pada bagian bodi dan perangkat aerodinamika dari McLaren Senna, Novitec tidak menyentuh atau memodifikasinya. Namun, Novitec memberikan sentuhan pada kaki-kaki dengan velg roda Vossen berukuran 20 dan 21 inci yang dibalut dengan ban Pirelli P Zero.

Pelanggan juga dapat memilih dari berbagai pilihan 72 warna pada bagian velg. Tak sebatas itu, pelanggan sepenuhnya juga dapat menyesuaikan interior mobil dengan kulit dan Alcantara. Sayangnya, Novitec belum memberikan bocoran berapa biaya yang harus dikeluarkan bagi pelanggan yang tertarik dengan Senna racikannya tersebut.

[Baca Juga: Lebih Dekat dengan Dua MINI Bertenaga Hingga 306 HP]

Interior McLaren Senna.jpg

Sekadar informasi, McLaren Senna versi strandar diketahui harganya berkisar Rp14,5 miliar. Supercar yang legal di jalan raya ini dijual terbatas hanya 500 unit di dunia.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift