Pabrik Mobil Honda.jpg

Pabrik Tutup Sementara, Stok Mobil Honda di Pasaran Aman

Senin, 6 April 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Satu lagi, produsen otomotif terbesar, Honda di bawah bendera PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan menghentikan sementara produksi mobilnya akibat dampak virus Corona atau Covid-19 yang makin merajalela di Indonesia.

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, melihat kondisi pasar dan berdasarkan kondisi saat ini (terdampak virus Corona), pihaknya telah memikirkan dengan matang untuk melakukan penyesuaian dengan menghentikan sementara aktivitas produksi di pabriknya.

“Selama 14 hari, mulai tanggal 13 April 2020, produksi sementara dihentikan,” tutur Billy, sapaan akrab Yusak Billy dalam keterangan resminya yang diterima Otopedia beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: Suzuki Setop Produksi Selama Dua Pekan Akibat Wabah Covid-19]

Selama masa ini (penutupan pabrik), lanjut Billy, hanya lini produksi yang berhenti beroperasi. Sementara untuk operasional lain di pabrik dan head office, menurutnya, masih tetap berjalan sesuai degnan aturan pemerintah saat ini.

“Kami juga terus memonitor permintaan di pasar untuk mempersiapkan strategi yang tepat dalam menjalankan aktivitas produksi di bulan-bulan mendatang,” ujarnya.

Meski tutup sementara, Billy menjamin bahwa stok atau ketersediaan beragam mobil Honda di pasaran tetap aman. “Dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting untuk tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar,” tambah Billy.

Sementara untuk layanan purna jual, kata Billy, PT HPM saat ini tengah gencarkan layanan home service. Dengan layanan tersebut, konsumen yang membutuhkan perawatan atau perbaikan mobil dapat dilayani di rumahnya sesuai dengan prosedur yang ada.

Layanan home service sendiri meliputi sejumlah pelayanan perawatan. Misalnya servis berkala atau perbaikan ringan. Nantinya, pihak Honda akan mengirimkan teknisi untuk melakukan perawatan tersebut di rumah konsumen.

[Baca Juga: Brio Satya Masih Jadi Tulang Punggung Penjualan Honda di Februari 2020]

Sementara sekadar informasi, PPT HPM saat ini memiliki pabrik produksi mobil yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Pabrik Honda tersebut memiliki kapasitas mencapai 200.000 unit per tahun. Sedangkan model yang diproduksi pabrik ini di antaranya Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR￾V, Honda CR-V, dan Honda Jazz.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift