Kredit Mobil Astra Financial.jpg

Relaksasi Kredit Mobil Astra Financial Capai Rp15,2 Triliun

Selasa, 26 Mei 2020 19:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Lembaga jasa keuangan bidang pembiayaan Astra Financial telah melakukan relaksasi kredit konsumen untuk mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Selama 1,5 bulan sejak diluncurkannya program ini, implementasi restrukturisasi tersebut mencapai Rp21,9 triliun untuk 792.000 nasabah, baik untuk konsumen roda empat, maupun roda dua. Angka itu merupakan 41 persen dari total restrukturisasi di industri pembiayaan di Tanah Air yang nilainya mencapai Rp52,9 triliun.

Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah atas inisiasi tentang stimulus perekonomian nasional sebagai kebijakan untuk menangani pandemi Covid-19.

“Arahan dari pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kami komunikasikan dengan baik kepada para nasabah di seluruh lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial,” ujar Suparno beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: Solusi Kredit Mobil Angsuran Ringan Bagi Kaum Milenial]

Tiga lembaga jasa keuangan dalam Astra Financial di antaranya PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) yang dikhususkan untuk pembiayaan kendaraan roda empat. Untuk pembiayaan kendaraan roda dua dipegang PT Federal International Finance (FIFGROUP).

Pembiayaan Roda Empat

Presiden Direktur ACC, Siswadi mengatakan, restrukturisasi yang dilakukan ACC sepanjang 1,5 bulan tersebut mencapai Rp11,0 triliun dari sekitar 78.000 kontrak. “Restrukturisasi ini sebagai solusi dari ACC kepada pelanggan melalui Simpati Bencana Covid-19 dari ACC,” ujarnya.

Sedangkan TAF juga aktif menawarkan program restrukturisasi bagi nasabah terdampak, baik nasabah end customer maupun dealer. Di mana jumlah kontrak yang berhasil diselesaikan TAF selama 1,5 bulan ini mencapai sekitar 30.993 kontrak dengan nilai mencapai Rp4,2 triliun.

“Dalam kondisi Covid-19 ini, pihaknya berharap semuanya stay safe and healthy. Dalam rangka membantu nasabah yang sedang mengalami kesulitan, terutama akibat dampak pandemi Covid-19,” kata Presiden Direktur TAF Agus Prayitno.

[Baca Juga: Tenaga Medis Diguyur Promo Khusus Beli Mobkas Suzuki di Auto Value]

Sementara FIFGROUP sejak awal April 2020 hingga 17 Mei 2020, telah menyetujui relaksasi senilai Rp 6,7 triliun yang dilakukan untuk 683.000 nasabah, tersebar di seluruh provinsi di Indonesia

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift

/media/images/Mitsubishi_Fuso.original.jpg

Strategi Mitsubishi Fuso Selama Pandemi Covid-19