Cek Kondisi Mobil Bekas.jpg

Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri-ciri Mobil Bekas Pernah Tabrakan

Jumat, 7 Februari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Bagi sebagian orang, memiliki kendaraan mobil sudah menjadi ‘keharusan’. Terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, mobil tentunya jadi transportasi yang tepat. Namun untuk membeli mobil baru, Anda tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jalan keluar untuk memiliki mobil, adalah dengan membeli mobil bekas.

Di sisi lain, membeli mobil bekas tak semudah yang dibayangkan. Karena banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Salah satu yang harus Anda ketahui, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Ini tentunya butuh pengamatan yang cermat untuk mengetahuinya. Mengingat, pemilik mobil bekas tersebut pastinya sudah berusaha memperbaiki sebelum menjualnya.

Ada beberapa hal yang bisa dicermati untuk mengetahui mobil bekas pernah mengalami tabrakan atau tidak. Simak ulasannya di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek riwayat

Umumnya, kasus kecelakaan di jalan raya terdata, baik di kepolisian, perusahaan asuransi, ataupun bengkel. Anda bisa mengeceknya dengan data dari pelat nomor kendaraan dari sejumlah pihak tersebut untuk memastikan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

[Baca Juga: Hindari Kecelakaan Beruntun, Perhatikan Jaga Jarak Aman]

2. Perhatikan cat mobil

Selanjutnya, Anda harus cermat melihat tiap panel bodi mobil dengan detail, terutama kesesuaian warna cat di tiap panel. Bila pernah dicat ulang, bisa terjadi warna cat baru lebih muda atau tua dibanding cat di panel bodi lainnya.

Contohnya cat tutup tangki Bahan Bakar Minyak (BBM), Anda harus cermati tekstur cat. Caranya bisa meraba permukaan bodinya, sebab biasanya cat yang asli terasa lebih halus, sedangkan panel yang dicat ulang terasa lebih kasar.

3. Cek bagasi

Selain melihat kondisi cat, cara lain melihat indikator mobil pernah mengalami kecelakaan atau tidak adalah dengan cara mengecek area bagasi mobil. Sebab, meski bekas tabrakan dan sudah direparasi, tapi di beberapa area sambungan plat panel bodi di seputar bagasi bisa menjadi petunjuk mobil pernah tabrakan atau tidak. Sebab pada bagian ini, umumnya tidak bisa diperbaiki seperti semula.

4. Cek kap mesin

Langkah selanjutnya adalah melihat engsel kap mesin. Seperti kondisi baut-bautnya, jika terdapat goresan, itu menjadi indikasi beberapa bagian sudah diganti atau berubah dari kondisi normal. Pun demikian dengan kerapian konstruksi tulang di balik kap mesin.

5. Cek ruang mesin

Ruang mesin memang tergolong memiliki konstruksi yang rumit. Tingkat kesulitan untuk mereparasi bagian ini cukup tinggi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek sambungan plat bodi, kesesuaian bentuk sisi kanan dan kiri ruang mesin, dudukan atas shockbreaker depan, dudukan radiator, dan lainnya.

[Baca Juga: Tanda-tanda Shockbreaker Mobil Harus Diganti]

Demikian cara mengecek apakah mobil bekas yang Anda mau beli pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Memang butuh kecermatan untuk mengeceknya, tapi tidak ada salahnya juga jika Anda lebih teliti sebelum membeli mobil bekas.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti