dashcam.jpg

Seberapa Penting Pasang Dashcam di Dalam Mobil?

Selasa, 11 Februari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Dashboard camera atau dashcam, tentu sudah tak asing lagi para pencinta otomotif. Kamera ini merupakan Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasangkan di atas dashboard mobil untuk merekam kondisi jalanan di depan mobil selama mengemudi. Lalu, seberapa penting pemasangan dashcam di dalam mobil?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sejenak kita tengok ke belakang. Belum lama ini, banyak terjadi kecelakaan fatal yang memakan korban jiwa. Penyebabnya pun sangat beragam, adarem blong, kelalaian pengemudi, ataupun lainnya. Penyebab tersebut rata-rata menjadi dugaan sementara, belum dipastikan kebenarannya.

Di sinilah peran dashcam dibutuhkan. Dashcam yang mampu merekam keadaan di depan mobil saat perjalanan bisa menjadi saksi mata yang bisa dipercaya ketika terjadi kecelakaan. Hasil rekaman ini bisa digunakan sebagai alat bukti di kepolisian.

[Baca Juga: Hindari Kecelakaan Beruntun, Perhatikan Jaga Jarak Aman]

Melansir Auto2000.co.id, selain berfungsi untuk menentukan siapa yang benar dan salah pada insiden kecelakaan, rekaman dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan dan memudahkan pihak asuransi memutuskan apakah Anda berhak mendapatkan pertanggungan.

Tak hanya memantau area luar, dashcam juga berfungsi memantau situasi dalam mobil. Sebab, jenis dashcam tak hanya disematkan satu kamera di depan, tapi ada juga yang sudah dilengkapi kamera yang bisa dihadapkan ke dalam mobil.

Sejumlah aktivitas di dalam mobil bisa terekam dashboard, mulai dari memantau perilaku sopir pribadi atau anak kesayangan saat berkendara. Apabila terjadi sesuatu seperti tindak kriminal bisa terekam sebagai alat bukti.

Di sisi lain, kamera dashcam yang menghadap ke dalam juga bisa digunakan untuk memantau kondisi belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi karena sedang menggunakan gawainya.

Jika melihat penjelasan di atas, memasang dashcam di dalam mobil punya banyak manfaat. Tak sekadar merekam kejadian di depan atau belakang mobil, tapi juga bisa memantau kondisi di dalam kabin mobil.

[Baca Juga: Cara Menghilangkan Suara Bising di Dalam Kabin Mobil]

Bagi Anda yang ingin memasang dashcam pun kini mudah dijumpai di bengkel aksesori. Jenis dan harganya bervariatif, sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki pemilik mobil. Bagaimana, apakah Anda ingin memasang dashcam?

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift