GS-50-1.jpg

Selebrasi Istimewa Citroën Untuk GS

Kamis, 6 Februari 2020 18:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Citroën GS pernah menjadi bintang acara Paris Motor Show 1970 dan sukses memenangkan gelar European Car of the Year di tahun 1971. Dua kesuksesan tersebut mengantar Citroën GS berhasil terjual sebanyak 2,5 juta unit di dunia selama tahun 1970 hingga 1987, yang mana angka tersebut juga termasuk model GSA.

Resep kesuksesan Citroën GS ialah dimensi bodi medium dengan konfigurasi tempat duduk untuk 5 penumpang, dipadu bersama desain eksterior yang aerodinamis dan modern, menggunakan mesin 4 silinder berpendingin udara yang mudah perawatan, serta tentunya sistem suspensi hidrolis yang menyuguhkan kenyamanan berkendara paling hebat di kelasnya.

Bodi Citroën GS sengaja menerapkan desain aerodinamis dan modern.

Ada sejumlah karakter khas Citroën GS yang ternyata melampaui jaman dan tidak digunakan oleh kompetitor terdekatnya, sebut saja penggunaan rem cakram di keempat roda serta ruang bagasi sebesar 465 liter (bahkan mencapai 710 untuk versi stationwagon). Keunikan Citroën GS lain adalah tuas rem parkir yang terintegrasi dengan dashboard dan speedometer model rotary dengan lensa pembesar agar mudah dibaca.

Speedometer model rotary dilengkapi dengan lensa pembesar.

Rentang produksi GS yang cukup lama, memungkinkan Citroën mengeksplor sederet pengembangan, termasuk versi bodi (stationwagon dan facelift yang akhirnya menjadikan GS sebagai GSA), aspek komponen mekanis (sejumlah pilihan kapasitas mesin, transmisi manual 5-speed, transmisi semi-otomatis C-Matic), hingga yang paling menakjubkan sempat lahirnya Citroën GS Birotor dengan mengusung mesin rotary.

[Baca Juga: Citroën SM Masih Dianggap Salah Satu Mobil GT Paling Ideal]

Dengan bentuk dan desain yang inovatif, tak ketinggalan kualitas kenyamanan berkendara yang tinggi, membuat GS menjadi salah satu model yang digemari oleh banyak antusias Citroën di seluruh dunia. Beriringan dengan usia GS yang ke-50 tahun, Citroën memperkenalkan GS by Tristan Auer for Les Bains. Citroën mempercayakan Tristan Auer (seorang desainer interior ternama asal kota Paris, Prancis) untuk melakukan transformasi dari sebuah GS 1015 Comfort lansiran 1972.

Tristan Auer dipercaya untuk melakukan transformasi sebuah Citroën GS.

Proses restorasi dan koordinasi saat melakukan transformasi dipimpin langsung oleh tim dari Citroën Heritage, yang mana Citroën Conservatoire khusus melakukan restorasi penuh terhadap seluruh komponen mekanis mobil. Sedangkan Tristan Auer akan mengarahkan langkah pekerjaan eksterior dan interior, bersama sejumlah para orang-orang terlatih. Pekerjaan tersebut meliputi pengecatan bodi, jok, dashboard, console, plafon, karpet lantai, door trim, hingga dek belakang serta ruang bagasi.

Interior Citroën GS ini telah terkena sentuhan desain baru dari Tristan Auer.

Proyek Citroën GS by Tristan Auer for Les Bains ini sukses diselesaikan tepat sebelum event Retromobile 2020. Setelah dipajang di acara tersebut, Citroën GS berkelir putih itu akan ‘bertempat tinggal’ selama tiga tahun ke depan di Les Bains, yakni sebuah klub malam tersohor di kota Paris sejak tahun 1978 hingga kini.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift