Setir Mobil.jpg

Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini

Kamis, 13 Februari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Lagi asyik memacu mobil di jalan tol, tiba-tiba setir terasa bergetar. Pastinya kondisi ini membuat kita sebagai pengemudi merasa waswas. Jika Anda pernah merasakan hal tersebut, pengendara mobil sebaiknya harus waspada. Karena hal tersebut mengindikasikan adanya kerusakan komponen.

Bagaimana cara mengetahui kerusakan komponen yang mengakibatkan setir goyang? Merangkum dari berbagai sumber, hal pertama yang Anda bisa lakukan untuk mengecek kenapa setir mobil bergetar ketika di jalan adalah mengecek atau mencari bagian mesin yang mengalami kerusakan.

Cara mengecek kerusakannya pun bisa dibilang cukup mudah. Contohnya, periksa kondisi setir saat mobil dalam keadaan mesin idle. Apabila getaran pada setir terasa saat mobil menyala, masalah ini biasanya disebabkan pada bagian engine mounting.

[Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Atasi Mesin Overheat]

Engine mounting yang bermasalah biasanya akan menimbulkan getaran pada mesin. Getaran tersebut ‘merembet’ hingga keseluruh bagian mobil termasuk setir. Tak hanya komponen mesin, bagian kaki-kaki mobil juga perlu mendapatkan perhatian. Apabila mobil bergetar setiap jalan 100 meter dan mobil tidak melaju lurus saat setir dilepaskan, maka yang perlu dilakukan adalah dengan balancing.

Perawatan tersebut (balancing) sangat penting karena bertujuan memperbaiki masalah getaran setir dan membuat mobil prima kembali saat dikendarai. Selain balancing, spooring juga perlu dilakukan. Spooring untuk menyelaraskan bagian roda, sehingga posisi roda dan tinggi bodi dengan tanah bisa sesuai serta stabil.

Umumnya, proses balancing ini dimulai dari ban dan dilanjukan dengan spooring. Harga untuk melakukan dua perawatan ini bisa dibilang cukup terjangkau. Misalnya spooring untuk mobil Toyota Avanza sekira Rp150 ribuan – Rp160 ribuan dan balancing Rp30 ribuan– Rp40 ribuan untuk per roda.

[Baca Juga: Tanda-tanda Mobil Butuh Servis Spooring dan Balancing]

Satu hal lagi, pilih bengkel spooring dan balancing yang alatnya rutin dilakukan kalibrasi. Karena bila tidak, hasil spooring akan menjadi tidak akurat. Di sejumlah bengkel umum, kini tersedia alat spooring yang menggunakan teknologi 3 dimensi. Ini membuat pengerjaan dilakukan dengan hasil yang presisi.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti