honda civic mazda CX-3.jpg

Simak Head to Head New Honda Civic RS vs Mazda CX-3

Senin, 10 Februari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Baru-baru ini, PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemilik Merek (APM) kendaraan Honda di Tanah Air meluncurkan hatchback andalannya, New Honda Civic di bilangan Jakarta Selatan. Hatchback ini merupakan varian tertinggi dari Honda Civic yang menggunakan emblem RS. Dengan emblem tersebut, tentunya mobil ini punya tampilan lebih sporty.

Di pasar otomotif Tanah Air, kehadiran hatchback Honda ini bukan tanpa pesaing. Sebelumnya, PT Eurokars Motor Indonesia selaku APM Mazda, telah memperkenalkan model hatchback, Mazda CX-3. Jika dilihat dari spesifikasinya, kedua mobil mewah ini bisa dikatakan saling head to head, baik dari segi fitur, mesin, hingga harga.

Nah, kali ini Otopedia mencoba memberikan komparasi bagi Anda khususnya yang ingin membeli mobil model hatchback mewah di antara New Honda Civic RS dan Mazda 3. Simak ulasannya di bawah ini.

Fitur Canggih

Mengenai fitur, kedua mobil ini tentunya sudah disematkan fitur keamanan canggih. New Honda Civic RS dan Mazda CX-3 sudah dilengkapi Anti-lock Brake System (ABS), Brake Assist, Electronic Brake Force Distribution, Line Keep Assist, sensor pakir, kamera mundur, hingga cruise control.

[Baca Juga: Hill Start Assist, Fitur Mencegah Mobil Mundur di Tanjakan]

Namun untuk fitur keselamatan, Mazda CX-3 memiliki keunggulan dibanding dengan New Honda Civic. Sebab, Mazda CX-3 telah disematkan fitur keselamatan i-activsense berupa Lane-keep Assist System (LAS) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Sementara untuk fitur entertainment, keduanya sama-sama sudah memiliki head unit yang bisa terhubung atau memiliki konektivitas dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Tapi dari sisi ukuran, Honda Civic RS memiliki head unit yang lebih besar dibanding Mazda CX-3.

Dimensi

Secara dimensi, Honda Civic RS memiliki panjang 4.501 milimeter (mm), lebar 2.075 mm, dan tinggi 1.421 mm dan wheelbase 2.725 mm. Sedangkan kompetitornya Mazda CX-3, melansir mazda.co.id, hatchback ini memiliki panjang mencapai 4.275 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.525 mm, dan wheelbase 2.725 mm.

Dari rincian tersebut, Honda Civic memiliki dimensi yang lebih panjang 226 mm dan lebih lebar 310 mm. Apabila dilihat dari tingginya, Mazda CX-3 justru lebih tinggi 104 mm.

Mesin

Nah, bagian ini tentu menjadi salah satu perhatian para pembeli. Seperti diketahui, Honda Civic RS menggendong mesin VTEC Turbo dengan kapasitas 1.500 cc, sementara Mazda CX-3 hadir dengan mesin berteknologi SkyActive-G dengan kapasitas 2.000 cc.

Dengan mesin tersebut, Mazda CX-3 memiliki mesin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 153 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 200 Nm. Kapasitasnya memang cukup besar, tapi Honda Civic lebih unggul dari sisi performa. Di mana mesin turbo Honda Civic RS mampu menyemburkan tenaga 173 PS pada putaran 5.500 rpm dengan torsi sebesar 220 Nm pada 1.700 – 5.000 rpm.

Mesin Honda Civic RS yang digandengkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology ini diklaim juga memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal, serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Harga

Untuk pasar Indonesia, New Honda Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl. Untuk harganya, New Honda Civic Hatchback RS dibanderol dengan harga Rp 499.000.000. Sedangkan kompetitornya, Mazda CX-3 untuk varian tertinggi (GT) dibanderol dengan harga Rp497,8 juta. Selisih harganya hanya sekira Rp1,2 juta.

[Baca Juga: Melihat Lebih Detail Ubahan New Honda Civic RS]

Demikian komparasi antara Honda Civic RS dan Mazda 3, secara garis besar keduanya memiliki fitur, dimensi, mesin, dan harga yang tak jauh berbeda. Gambaran ini setidaknya bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin membeli mobil model hatchback. Bagaimana, Anda tertarik yang mana?

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift