PSBB Tangsel.jpg

Simak Lagi, Aturan Berkendara Mobil Pribadi Selama PSBB di Tangsel

Selasa, 21 April 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Wilayah Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang) resmi menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sejumlah aturan diberlakukan, salah satunya adalah terkait dengan transportasi umum dan pribadi. Aturan ini tak jauh berbeda dengan wilayah sebelumnya yang lebih dahulu yang menerapkannya.

Khusus di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kebijakan PSBB sudah digulirkan sejak akhir pekan lalu, tepatnya pada Sabtu (18/4/2020). Namun, hingga empat hari diterapkan, masih saja diwarnai sejumlah pelanggaran. Padahal, sebelumnya sosialisasi PSBB telah dilakukan secara masif.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel Ajun Komisaris Bayu Marfiando mengatakan, pada hari pertama PSBB di Tangsel, tercatat ada 474 pelanggaran. Pelanggan justru didominasi pengguna kendaraan mobil. Selain tak menggunakan masker, masih banyak yang tidak menerapkan jarak individu dalam satu kendaraan.

[Baca Juga: Syarat Mobil Pribadi Melintas Selama PSBB di Jakarta]

Kali ini, Otopedia coba kembali mengingatkan kepada masyarakat tentang aturan berkendara selama PSBB di Tangsel. Terutama bagi para pengendara kendaraan mobil pribadi. Berikut penjabarannya:

  1. Berpergian hanya diperbolehkan untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan atau aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB.
  2. Melakukan disinfeksi kendaraan setelah selesai digunakan.
  3. Menggunakan masker saat di dalam kendaraan.
  4. Membatasi jumlah orang di dalam kendaraan yaitu maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan.
  5. Tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit

Untuk poin ke-4, kebijakan PSBB Tangsel mengaturnya lebih detail. Contohnya mobil pribadi kapasitas 5 orang, hanya diperbolehkan mengangkut 3 orang termasuk pengemudi. Tak hanya kapasitas, tempat duduknya pun diatur. Di mana 1 duduk di depan dan 2 di belakang.

[Baca Juga: Tips Aman Berkendara di Tengah Pandemi Corona]

Kemudian, untuk mobil pribadi kapasitas 7-8 penumpang, hanya boleh angkut maksimal 4 orang termasuk pengemudi, dengan pengaturan tempat duduk 1 di depan, 2 di tengah, dan 1 di belakang.

Demikian poin-poin yang Anda harus pahami selama PSBB di Tangsel. Ingat, apabila tak mendesak, tapi perlu keluar rumah menggunakan mobil.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift