yaris-gr4-4.jpg

Sosok Toyota GR Yaris Mulai Terkuak

Kamis, 12 Desember 2019 14:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Toyota Gazoo Racing (TGR) telah sukses meraih juara, melalui mobil-mobil hebat dalam beragam ajang motorsport global. TGR resmi mengumumkan kehadiran mobil berkarakter sport yang menggabungkan segala pengalaman dan teknologi dari kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC), yakni Toyota GR Yaris.

Toyota GR Yaris dikembangkan melalui teknologi dan pengalaman Toyota dalam mengikuti ajang WRC.

Toyota GR Yaris telah mengalami pengujian mendalam, bahkan diuji langsung oleh Presiden perusahaan Toyota, Akio Toyoda, yang selama ini menggunakan nama samaran Morizo. Melalui aktivitas TGR, Toyota terus mengembangkan dan menciptakan mobil yang dapat berkompetisi di berbagai event motorsport.

Toyota GR Yaris diuji langsung oleh Akio Toyoda.

Pada tahun 2017 silam, Toyota mengumumkan untuk kembali ke ajang reli dunia dengan menggunakan Yaris WRC, yang berhasil mengantar Toyota menuju lima kali juara dan mendapat juara di klasemen pabrikan pada tahun 2018, lalu meraih titel juara untuk klasemen pereli dan navigator pada tahun 2019.

Toyota GR Yaris siap berkompetisi di kejuaraan reli dunia 2020.

Saat ini, Toyota GR Yaris tengah menjalani pengembangan tahap akhir sekaligus tahap penyempurnaan. Rencananya mobil yang dilabur dengan warna kamuflase merah-putih-hitam khas TGR ini akan tampil dalam acara Toyota Gazoo Racing Festival di sirkuit Fuji Speedway, pada 15 Desember 2019. Setelah itu, Toyota GR Yaris bakal melakukan world premiere pada Tokyo Auto Salon 2020, yang diadakan selama 10 hingga 12 Januari 2020, di Makuhari Messe, Jepang.

[Baca Juga: Toyota Yaris Terbaru Siap Debut Global, Ada Varian Hybrid]

Ada rumor yang beredar bahwa Toyota GR Yaris mengusung mesin tiga silinder 1,5 liter yang dilengkapi turbocharger dan mampu menghasilkan tenaga maksimal mendekati 270 hp. Mengingat regulasi reli untuk kelas R5 dan WR ialah mobil yang bermesin 1,6 liter dengan turbocharger, Toyota masih belum membeberkan jenis mesin yang digunakan pada GR Yaris tersebut.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift