ktb-fuso-1.jpg

Tahun Ini Mitsubishi Optimistis Mampu Menjual 46.900 Unit

Rabu, 12 Februari 2020 18:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Tahun ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menargetkan penjualan sebanyak 46.900 unit yang disumbang dari line up Colt Diesel, FUSO, dan Fighter.

Target tersebut dinilai cukup realistis. Pasalnya, menurut KTB pasar kendaraan niaga di Tanah Air tahun ini akan tumbuh sekira 7 persen. Sehingga KTB berani menetapkan target penjualan hingga 46.900 unit. "Rinciannya, target Colt Diesel sebanyak 40.400 unit, target FUSO dan Fighter 6.500 unit," ujar Duljatmono, Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, kemarin.

Untuk mencapai target tersebut, sejumlah strategi penjualan akan diterapkan. Salah satunya adalah menyiapkan line up varian terbaru dengan menyesuaikan model untuk menjawab kebutuhan pasar.

Ada 18 varian Fighter yang akan diluncurkan pada tahun ini. Salah satunya adalah varian terbaru MDT Fighter FN61FL HD (6x2) dengan mesin berkekuatan 270 PS, Transmisi Eaton 9 percepatan, Final Gear 6.166, serta panjang chassis hingga 9.8 meter. "Varian ini siap menjawab kebutuhan konsumen khususnya di sektor logistik on-road," tambahnya.

Truk Fuso Fighter FN61FL Heavy Duty sebagai salah satu unggulan PT KTB.

Selain itu, lanjutnya, penyesuaian model pada spek GVH dan ROH di beberapa varian juga diterapkan untuk menyesuaikan produk sesuai regulasi Zero ODOL dan B30.

[Baca Juga: Mencari Solusi Tuntaskan Masalah Truk Obesitas]

"KTB juga menyiapkan produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi untuk mengoptimalkan varian kendaraan berdasarkan kebutuhan pasar namun tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku," jelasnya lagi.

Tak lupa, layanan purna jual juga diperkuat dengan perluasan jaringan FUSO Fleet Workshop untuk memenuhi kebutuhan servis dan suku cadang di lokasi konsumen, FUSO Maintenance Package. Ini untuk memastikan kendaraan konsumen dalam keadaan optimal, hingga perluasan bisnis suku cadang dengan menghadirkan line up terbaru.

Yang bakal menarik perhatian, untuk pertama kalinya KTB akan memperkenalkan truk listrik eCanter di Indonesia, yang akan dipamerkan pada ajang GIICOMVEC 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan.

Capaian Penjualan 2019

Berkaca dari capaian tahun lalu, total kendaraan niaga yang berhasil dipasarkan KTB ada sebanyak 94,323 unit. Capaiain ini menurun 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 116.421 unit. Sementara Mitsubishi Fuso mendominasi pasar kendaraan niaga dengan menguasai market share sebesar 44,2 persen atau setara dengan 41.736 unit.

"Secara detail, produk Colt Diesel 36.575 unit dengan market share 55,4 persen di segmen LDT. Sedangkan untuk segmen FUSO dan Fighter 5.161 unit dengan market share 23,4 persen, yang meningkat cukup signifikan," ujar Duljatmono.

PT KTB juga menyiapkan line up varian terbaru dengan menyesuaikan model untuk menjawab kebutuhan pasar.

Dia melanjutkan, peningkatan market share di segmen MDT tak lepas dari kontribusi produk Fighter yang mendapat respons positif sejak pertama kali dipasarkan di awal tahun 2019 lalu. Sebanyak 15 varian Fighter dihadirkan selama 2019 dan hasilnya ada 1.581 unit berhasil terjual.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift