Fogging Interior Mobil.jpg

Tangkal Virus Corona dengan Fogging Interior Mobil, Segini Biayanya

Senin, 23 Maret 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 tak hanya sebatas interaksi antarmanusia. Risiko penyebarannya bisa terjadi di mana saja, termasuk di kabin mobil. Ya, kabin mobil yang tak terawat diyakini akan menjadi sarang kuman atau bakteri, bahkan lebih ekstremnya bisa menjadi ‘rumah’ baru bagi virus Corona.

Nah, bagi Anda yang khawatir akan penyebaran virus Corona dalam kabin mobil kesayangan, bisa melakukan perawatan dengan fogging interior mobil. Fogging ini menjadi cara instan untuk membasmi bakteri ataupun virus dalam kabin. Untuk mendapatkan pelayanan fogging interior mobil, bisa dijumpai sejumlah salon mobil. Salah satunya di TOPCOAT Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seperti diungkapkan Adrian Hartanto, Manajer TOPCOAT Radio Dalam, tempatnya menyediakan layanan Sterile Fogging. Layanan ini menjadi cara jitu untuk mensterilkan interior mobil dengan cairan khusus yang aman. Cairan tersebut diubah menjadi uap antiseptik.

[Baca Juga: Cegah Corona, BMW Astra Perpanjang Servis Gratis Pembersihan Sirkulasi Udara]

“Proses fogging ini menggunakan obat cair khusus, seperti cairan disinfektan yang efektif membunuh kuman, bakteri, lumut, jamur, serangga, hingga menghilangkan bau. Bahkan bisa membunuh virus Corona apabila memang sudah ada di dalam mobil,” klaim Adrian kepada Otopedia, Senin (23/3/2020).

Sebelum dilakukan proses fogging interior mobil, kata Adrian, kondisi interior mobil sebelumnya dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaning. Setelah dinilai benar-benar bersih, baru proses fogging interior mobil bisa dilakukan.

“Sebelum di-fogging, bagusnya sih di-detailing interior dulu. Kalau pun tidak, cukup di-vacuum. Setelah itu, baru kita fogging dengan alat khusus. Saat di-fogging, blower dinyalakan, tapi AC dimatikan. Kondisi kaca mobil tertutup,” jelas Adrian.

Untuk proses fogging-nya, lanjut Adrian, akan dilakukan beberapa tahap fogging. Idealnya, akan dilakukan 6 sampai 8 kali fogging. Di mana satu kali proses fogging-nya membutuhkan waktu sekira 15 detik. “Kita lakukan 6-8 kali cycle, ini kita lakukan agar penyebaran fogging benar-benar rata sampai semua bagian interior. Kalau secara keseluruhan, waktu proses umumnya 20-30 menit,” jelasnya.

[Baca Juga: Vertue Clean Halau Penyebaran Bakteri dan Virus di Kabin Mobil]

Lalu, bagaimana dengan harganya? TOPCOAT Radio Dalam memberikan harga Rp300 ribuan untuk perawatan Sterile Fogging. Perawatan ini, diakui Adrian, cukup banyak pemilik mobil yang ingin mendapat pelayanan ini di tengah mewabahnya virus Corona di Tanah Air. “Lumayan, jadi meningkat permintaannya,” tutupnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift