nissan-twin-eng-1.jpg

Teknologi e-4ORCE Dari Nissan Hadirkan Kenikmatan Berkendara

Minggu, 12 Januari 2020 1:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Nissan sedang berupaya untuk meningkatkan kapabilitas dan performa dari kendaraan listriknya dengan mengembangkan teknologi twin-motor all-wheel control yang dinamakan e-4ORCE. Teknologi ini akan menyediakan luapan torsi yang instan pada keempat roda, sehingga memberikan perfoma yang seimbang dan menghasilkan pengendalian kendaraan yang dinamis layaknya mobil sport papan atas.

Pengendalian dinamis layaknya mobil sport kelas premium.

Huruf e melambangkan teknologi dan sistem penggerak motor listrik dari Nissan, sedangkan 4ORCE (dibaca: force) merepresentasikan energi yang memiliki kapabilitas dalam menggerakkan keempat roda mobil. Teknologi ini memungkinkan kemampuan menikung gesit, traksi tinggi di permukaan jalan yang licin, hingga memberikan kenyamanan berkendara bagi penumpang.

Teknologi e-4ORCE memberi rasa yakin dalam berkendara, meski di medan licin.

“Teknologi twin-motor all-wheel control e-4ORCE menyuguhkan kepresisian pengendalian dan stabilitas kendaraan, sehingga memberikan rasa yakin dan menyenangkan dalam berkendara,” ujar Takao Asami, selaku Senior Vice President of Research & Advanced Engineering Nissan.

[Baca Juga: Lego dan Nissan Hadirkan Lego Speed Champions Nissan GT-R NISMO]

Teknologi canggih ini diciptakan berdasarkan pengembangan dari sistem torque split ATTESA E-TS milik Nissan GT-R dan sistem penggerak empat roda pintar milik Nissan Patrol. Para engineer mengembangkan teknologi e-4ORCE agar output dari kendaraan listrik dapat diatur secara optimal dan kemampuan pengeremannya tetap terasa halus serta konsisten.

Akselerasi instan dan pengereman yang stabil menjadi keunggulan telnologi e-4ORCE.

Kenyamanan berkendara juga menjadi salah satu kemampuan dari teknologi e-4ORCE, karena dapat meminimalisir artikulasi bodi kendaraan saat berakselerasi maupun ketika mengerem. Hal ini dihasilkan melalui sistem pengereman regeneratif di motor listrik bagian depan dan belakang, sehingga berkendara di kondisi lalu lintas stop-and-go tidak terasa menyulitkan.

[Baca Juga: 2020, New Nissan LEAF Masuk Pasar Otomotif Indonesia]

Bahkan sistem e-4ORCE dapat menjaga kenyamanan berkendara, meski sedang berada di permukaan jalan yang rusak. Dengan memberikan rasa yakin bagi pengemudi, maka siapa saja yang mengemudikan mobil tidak akan merasa ragu, walaupun sedang berada di jalanan yang licin maupun di jalanan berliku.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift