Ilustrasi pameran GIIAS.jpg

Tetap Digelar, Pameran GIIAS 2020 Hanya Difokuskan di Dua Kota

Rabu, 6 Mei 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setelah melakukan sejumlah pertimbangan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akhirnya memutuskan akan tetap menggelar rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 The Series.

Gaikindo berasumsi pada Juni 2020 kondisi pandemi Covid-19 akan mulai membaik. Selang sebulan kemudian, kondisi negara secara keseluruhan akan mulai berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

“Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat dan kondisi perekonomian negara. Selain itu, kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tetap melangsungkan GIIAS 2020,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Untuk tahun ini, Gaikindo mengambil keputusan hanya mengonsenterasikan penyelenggarakan pada dua pameran GIIAS, yakni GIIAS Surabaya dan Jakarta. Sementara GIIAS Makassar dan Medan akan dilaksanakan kembali pada 2021.

[Baca Juga: Berburu Diskon Mobil Baru di Tengah Pandemi Covid-19]

Dua gelaran pameran GIIAS 2020 yang akan digelar tersebut, nantinya juga mengalami beberapa penyesuaian yang mencakup pergeseran tanggal penyelenggaraan dan pengurangan durasi pameran, khususnya di GIIAS Surabaya 2020.

“Kami mencapai kesimpulan bahwa menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik, di mana GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada September dan The 28th GIIAS, BSD CITY akan berlangsung di Oktober,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua penyelenggara pameran GIIAS

Rencananya, lanjut Rizwan, GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2 - 6 September 2020, dan akan berlangsung selama 5 (lima) hari di Grand City Convex Surabaya. Sebelumnya, jadwal pameran GIIAS di Kota Pahlawan ini diselenggarakan pada 20 - 29 Maret 2020.

Sedangkan GIIAS BSD City 2020 yang sebelumnya ditetapkan pada pada 7 – 17 Agustus 2020, digeser penyelenggarakannya pada 22 Oktober – 1 November 2020 di Indonesia Convention Exhibtion (ICE), BSD City.

Momen Kebangkitan Industri Otomotif

Rizwan yakin bahwa penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series akan menjadi ajang yang paling tepat untuk bersama membangkitkan industri otomotif Indonesia. Meski ada penyesuian waktu, pameran GIIAS akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif untuk kembali bangkit, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada tahun ini,” ujar Rizwan.

[Baca Juga: Daftar Dealer Resmi yang Layani Servis Mobil di Rumah]

Kehadiran GIIAS The Series di tahun yang sangat berat ini, kata Rizwan, adalah bukti konsistensi dan upaya industri otomotif untuk terus bergerak maju bagi masyarakat Indonesia.

“Semoga pandemi Covid-19 ini dapat segera teratasi dan kita semua dapat kembali beraktivitas memajukan industri, dan masyarakat dapat menikmati sajian yang terbaik dari GIIAS 2020 The Series,” tutupnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift