Liburan Akhir Tahun.jpg

Tips Berkendara Aman Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selasa, 24 Desember 2019 15:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Libur telah tiba.. Libur telah tiba.. Hatiku gembira. Itulah sepenggal lirik lagu yang dibawakan penyanyi Tasya Kamila. Lagu tersebut sepertinya pas jika dikaitkan dengan momen Natal dan Tahun Baru 2020. Ya, momen ini umumnya memang selalu dimanfaatkan banyak orang berlibur.

Salah satu kendaraan yang banyak digunakan saat berlibur adalah mobil. Sebelum berangkat, tentu kondisi mobil harus dipastikan dalam kondisi prima. Namun lebih dari itu, berlibur dengan mobil juga butuh persiapan atau hal-hal yang diperhatikan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat berlibur yang berhasil Otopedia.com rangkum dari berbagai sumber. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Periksa dan Servis Kendaraan

Tentu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi mobil. Pastikaan Anda memeriksakan mobil ke bengkel sebelum berangkat liburan. Cek semua bagian-bagian pada kendaraan apalah sudah berfungsi normal atau tidak. Ini bertujuan agar terhindar terjadinya kerusakan saat perjalanan.

[Baca Juga: Selama Liburan, DFSK Jamin Ketersediaan Spare Part dan Layanan Servis]

2. Siapkan Alat-alat Darurat

Hal penting lainnya adalah menyiapkan alat-alat bengkel yang sederhana. Seperti obeng, kunci, dan lainnya. Pasalnya, meski kondisi mobil sudah cukup prima menempuh perjalanan jauh, alat tersebut setidaknya bisa sangat membantu mengatasi hal yang tak dinginkan terjadi selama perjalanan.

3. Pastikan Surat Kelengkapan Mobil

Jauh-jauh hari sebelum berangkat berlibur, pastikan bahwa surat-surat kendaraan Anda lengkap dan masih berlaku. Kelengkapan surat kendaraan sangat berguna untuk keamanan selama perjalanan liburan.

4. Perhatikan Barang Bawaan

Saat berlibur, barang bawaan biasanya cukup banyak. Ini perlu di-manage dengan baik. Jangan sampai barang yang dibawa memenuhi ruang mobil. Atur sebaik mungkin posisi barang bawaan berdasarkan bobotnya.

Hal ini bertujuan membantu mengurangi potensi dampak buruk akibat kelebihan beban. Pasalnya, kelebihan beban bisa memengaruhi kemudi dan pengereman mobil.

5. Sediakan Hiburan untuk Anak-anak

Agar anak tidak jenuh saat perjalanan, menyediakan hiburan sangatlah penting. Hiburan yang maksud seperti game, buku, musik, atau menonton video selama perjalanan.

Di sisi lain, jangan sampai hiburan tersebut mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudikan kendaraan. Tetap fokus, meski anak-anak sibuk bermain game ataupun lainnya.

6. Tidur Cukup

Musim liburan dipastikan sejumlah jalan mengalami kemacetan. Untuk menghindari kelelahan saat berkendara, maka tidur cukup sangatlah oenting. Jika Anda kurang tidur, bisa berdampak negatif pada keterampilan motorik dan memperlambat reaksi ketika mengemudi.

Jika merasa lelah, jangan dipaksakan untuk terus berkendara. Istirahat sejenak untuk meregangkan badan atau sedikit lari-lari kecil. Kalau perjalanan cukup jauh, menginaplah di hotel untuk beristirahat.

7. Perhatikan Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda sedikit melakukan rute perjalanan melalui Google Maps. Dalam aplikasi perjalanan tersebut, biasanya dapat menunjukkan rute tercepat. Selain itu, Anda juga harus membawa informasi lalu lintas agar bisa menghindari kemacetan di jalan.

[Baca Juga: Begini Teknik Berkendara Mobil Manual saat Macet di Tanjakan]

Demikian 7 tips berkendara aman saat liburan Natal dan Tahun Baru. Banyak hal memang yang perlu diperhatikan, tapi itu semua dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Selamat berlibur!

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti