Cek Kondisi Mesin.jpg

Tips Merawat Mobil Selama #DiRumahAja ala BMW Astra

Kamis, 9 April 2020 18:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 10 April 2020 di DKI Jakarta, membuat warganya makin dibatasi dalam beraktivitas di luar. Bagi yang memiliki kendaraan seperti mobil, tentunya akan jarang menggunakannya. Bisa jadi, mobil terparkir lama di garasi rumah.

Meski terpakir lama, sejatinya mobil juga tetap memerlukan perawatan. Seperti yang diungkapkan Budi Kurniawan After Sales Manager BMW Astra, “Dengan tetap di rumah, mobil yang terparkir tetap memerlukan perawatan. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti,” kata Budi, Kamis (9/4/2020).

Lalu, perawatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah? Berikut tips merawat serta menjaga mobil tetap selama #DiRumahAja ala BMW Astra:

1. Melepas Rem Tangan

Saat mobil diparkir lama di rumah, sangat dianjurkan untuk melepas tuas rem tangan. Ini bertujuan memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet.

2. Posisikan Transmisi di Posisi “P” (khusus transmisi otomatis)

Khusus pada mobil transmisi otomatis, memosisikan tuas transmisi pada posisi P sangat penting. Ini dilakukan untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti tanpa menggunakan rem.

[Baca Juga: Penyebab dan Solusi Atasi Rem Mobil Bunyi]

3. Cek Tekanan Angin Ban

Umumnya, tekanan angin pada ban mobl akan berkurang jika mobil lama diparkir. Untuk itu, lakukan penambahan tekanan angina pada ban. Ini berguna untuk menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

4. Panaskan Mesin

Panaskan mesin mobil dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2.000 rpm. Sambil memanaskan mesin buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

5. Parkir Mobil di Tempat Beratap

Tempat parkir yang beratap memastikan mobil terlindung dari cuaca ektrim, gangguan dan kotoran hama liar merusak ekterior. Selain itu, juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

[Baca Juga: Tangkal Virus Corona dengan Fogging Interior Mobil, Segini Biayanya]

6. Gunakan Alat Pelindung Tambahan

Pasang penutup mobil standar BMW jika perlu. Bersihkan karet seal bagasi dan pintu serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikanoleh BMW.

Demikian 6 tips cara merawat mobil kesayangan ketika lama diparkir akibat pandemi Corona atau Covid-19. Cara tersebut diyakini akan menjaga performa mobil.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti