mirai-2-1.jpg

Toyota Mirai Generasi Kedua Semakin Mendekati Era Mobilitas Hidrogen

Rabu, 22 Januari 2020 20:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Langkah Toyota untuk selalu berada di garis depan dalam menyosong masa depan dunia otomotif, pernah dibuktikan melalui kehadiran Mirai yang berbahan bakar hidrogen pada tahun 2014 silam. Tahun ini Toyota kembali membawa teknologi kendaraan listrik fuel-cell (fuel cell electric vehicle/FCEV) bebas emisi ke tingkatan yang lebih tinggi, dengan menghadirkan Mirai generasi kedua.

Toyota Mirai telah menjadi salah satu katalis dalam mendorong masyarakat dunia untuk sadar akan masa depan dunia yang lebih bersih. Tak hanya mengusung teknologi canggih, Toyota Mirai juga praktis saat digunakan karena memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Proses pengisian bahan bakarnya pun cepat, ditambah lagi bebas emisi gas buang. Sejak pertama kali Toyota Mirai dipasarkan, hingga kini penjualannya pun telah mencapai 10 ribu unit.

Tampilan eksterior Toyota Mirai generasi dua semakin elegan.

Toyota menjadwalkan peluncuran resmi Mirai generasi kedua ini pada akhir tahun 2020, dimulai dari pasar Jepang, disusul dengan Amerika Serikat dan Eropa. Toyota Mirai tak hanya melambangkan kendaraan yang ramah lingkungan saja, namun juga memperlihatkan bahwa teknologi FCEV tidak menjadi halangan dalam menciptakan kendaraan yang sedap dipandang serta menyenangkan saat dikendarai.

Aspek efisiensi memang masih menjadi hal yang penting dan Toyota menargetkan adanya peningkatan dalam jarak tempuh Mirai sebanyak 30 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini didukung oleh peningkatan performa pada sistem fuel cell dan penggunaan tangki bahan bakar hidrogen yang lebih besar. Kini terdapat tiga tangki, satu berukuran panjang dan dua lainnya berukuran lebih pendek.

[Baca Juga: Soal Mobil Listrik, Toyota: Masyarakat Perlu Edukasi]

“Kami bertujuan untuk menyuguhkan kendaraan yang ingin selalu digunakan oleh pemiliknya. Kendaraan yang mempunyai hubungan emosional dan desain yang atraktif, sehingga si pemilik dapat selalu tersenyum ketika mengendarainya,” kata Yoshikazu Tanaka, Chief Engineer Toyota Mirai, dalam keterangan pers yang diterima Otopedia (20/1/20).

Eksterior Toyota Mirai ini terlihat begitu elegan dengan garis bodi yang mengalir dari bagian depan hingga belakang. Velg berukuran 20 inci juga turut mendongkrak penampilan luarnya. Sedangkan untuk interior, terkesan cukup sederhana namun begitu modern, seiring dengan aspek kenyamanan yang dihadirkan oleh Toyota. Elemen utama pada kabin ialah layar pusat berukuran 12,3 inci dan panel instrumen yang di depan mata pengemudi.

Interior Toyota Mirai terkesan sederhana namun tetap pumnya nuansa mewah

Toyota Mirai dirancang sesuai dengan menggunakan konstruksi Toyota rear-wheel drive modular platform, yang memungkinkan dalam penggunaan sumber tenaga yang berbeda, mulai dari mesin pembakaran internal hingga fuel cell hidrogen. Selain itu, konstruksi tersebut juga membuat bodi Toyota Mirai semakin kokoh, sehingga mampu memberikan kedinamisan berkendara.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift