Toyota Yaris Terbaru.jpg

Toyota Yaris Terbaru Siap Debut Global, Ada Varian Hybrid

Kamis, 17 Oktober 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Kabar bocornya foto-foto mobil Yaris terbaru akhirnya terjawab. Toyota Motor Corporation (Toyota) akhirnya secara resmi mengumumkan akan menghadirkan model Yaris generasi terbaru. Dikabarkan, Yaris generasi terbaru ini melakukan debut globalnya di Tokyo Motor Show 2019 yang berlangsung pada 24 Oktober hingga 4 November 2019.

Melansir global.toyota, Kamis (17/10/2019), Mobil hatchback compact ini didesain lebih segar dan sporty. Desain eksterior Yaris model 2020 berubah total dan menawarkan gaya agresif. Ini tercermin pada pada bagian gril 'menganga' diapit fog lamp dan lampu depannya pun berubah total dengan tambahan penyematan LED.

Ubahan lainnya bisa dilihat di buritan dengan menawarkan stop lamp lebih besar dan ada reflektor yang membentang dari lampu belakang kiri sampai kanan. Desain ini belum ditemukan pada Yaris yang beredar saat ini.

Interior Yaris Terbaru.jpg

[Baca Juga: Mengenal Fitur Toyota Safety Sense pada Corolla Altis Hybrid]

Masuk ke interior, kabin Toyota Yaris kini tampil lebih mewah. Ini tak terlepas dari pemasangan panoramic-roof dan ambient light di beberapa lokasi, seperti konsol tengah, ruang kaki, serta door-trim.

Pada bagian dasbor mobil, Toyota Yaris dibekali head-unit display touchscreen berukuran 10 inci. Layar ini tentu dapat dihubungkan ke smartphone. Di sampingnya, terpasang instrumen panel digital dan kemudi yang dilengkapi berbagai tombol.

Istimewanya, mobil Yaris generasi terbaru ini juga telah mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dikhusukan untuk segmen B atau mobil kompak. Ini menjadi mobil pertama dari line up Toyota untuk mobil kompak. Dengan platform TNGA, mobil ini diklaim memiliki pusat gravitasi yang rendah.

Selain rendah gravitasi, Toyota Yaris juga akan ditawarkan dengan empat mesin berbeda di pasar Jepang. Cukup menarik, salah satu pilihannya adalah mesin bertenaga hybrid. Jika dirinci, pertama ada pilihan mesin 1.5-liter inline tiga silinder Dynamic Force Engine dan Direct Shift-CVT.

Mesin Yaris Terbaru.jpg

Kedua, mesin 1,5 liter dengan sistem hybrid generasi baru. Lalu, mesin Dynamic Force Engine 1,5 liter dengan manual 6 percepatan. Terakhir, mesin 1.0 liter yang ditingkatkan dengan CVT yang kompak dan ringan.

[Baca Juga: Ini Perbedaan Mobil Transmisi Otomatis Konvensial dan CVT]

Dari segi teknologi, mobil Toyota ini telah dilengkapi dengan salah satu fitur mutakhir, yakni hadirnya Advanced Park. Fitur pintar ini mampu membuat mobil bermanuver khususnya pada parkir secara otomatis. Pengemudi hanya perlu mengoperasikan pemilihan transmisi saja untuk memerintahkan mobil parkir sendiri.

Dipastikan, Toyota Yaris generasi keempat ini akan mulai dipasarkan pada pertengahan Februari 2020 mendatang di Jepang. Lalu, kapan masuk ke Indonesia? Patut kita tunggu kehadiran mobil yang cukup digandrungi kaum milenial Indonesia ini.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift