70-vw-t-4.jpg

Volkswagen Transporter: Kendaraan Komersial Berusia Panjang

Rabu, 1 April 2020 17:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Tahun 2020 merupakan momen spesial bagi Volkswagen (VW), karena VW Transporter merayakan hari jadinya yang ke-70 tahun. Hal tersebut juga membuat VW Transporter memiliki predikat sebagai kendaraan komersial dengan usia produksi terpanjang di dunia. VW Transporter dikenal oleh masyarakat global melalui sejumlah nama panggilan, mulai dari Bulli, Kombi, Bus, hingga Microbus.

Begitu banyak pilihan bodi VW Transporter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

VW Transporter pertama kali diproduksi pada 8 Maret 1950 dan sejak itu tak kurang dari 13 juta unit yang dibuat oleh pabrik VW hingga kini. Selama enam generasi, VW Transporter telah merambah pasar otomotif di segala penjuru dunia, baik untuk mendukung aktivitas perekonomian maupun digunakan oleh banyak keluarga.

VW Transporter hadir dengan beragam varian bodi.

Untuk memperingati ulang tahunnya, Otopedia merangkum setiap generasi VW Transporter yang legendaris ini, sejak awal hingga yang terbaru.

Awalnya VW Transporter dibuat di fasilitas Wolfsburg, namun akhirnya dipindahkan ke fasilitas Hannover.

  • T1: produksi 1950-1967

Prototipe panel van sukses dibuat pada tahun 1949. Satu tahun kemudian diproduksi dengan menggunakan mesin dan transmisi dari VW Beetle, hadir dalam varian bodi panel van, passenger van, serta minibus 8 penumpang. Di tahun 1951, hadir varian Samba dengan jumlah jendela yang banyak dan dilengkapi sunroof lipat. Varian pickup diperkenalkan pada tahun 1952. Produksi Transporter dipindahkan dari fasilitas VW di Wolfsburg menuju fasilitas di Hannover pada tahun 1956. Produksi Transporter generasi pertama (T1) berakhir di tahun 1967, dengan jumlah total yang dibuat tak kurang dari 1,9 juta unit.

VW Transporter T2 meneruskan kesuksesan T1.

  • T2: produksi 1967-1979

Melalui kesuksesan Transporter T1, maka generasi selanjutnya pun harus mengulang prestasi yang sama. Transporter T2 hadir dengan fascia panel atau tampilan muka yang jauh lebih segar. Pintu geser menjadi fitur standar dan tentunya varian camper dengan atap pop-up menjadi model T2 favorit bagi banyak pengguna VW. Di tahun 1972, VW sempat memperkenalkan versi yang menggunakan motor listrik, namun konsumen lebih banyak memilih mesin konvensional. Lebih dari 2,1 juta unit Transporter T2 yang diproduksi di fasilitas Hannover, namun jumlah tersebut belum ditambah dengan unit yang diproduksi di fasilitas Sao Paulo, Brazil.

[Baca Juga: VW e-Bus, Hasil Kolaborasi Volkswagen dengan EV West]

  • T3: produksi 1979-1992

Melalui T3, maka VW Transporter mulai memasuki era modern dengan bodi yang lebih lebar, jumlah penumpang yang lebih banyak, ruang muatan lebih luas, dan tentunya aspek keselamatan berkendara yang lebih baik. Mesin ‘tidur’ yang digunakan juga membuat lapang ruang kabin, sedangkan chassis baru membuat T3 memiliki pengendalian yang serupa dengan mobil sedan. Di tahun 1985, sejumlah inovasi dihadirkan oleh VW untuk T3, mulai dari catalytic converter, turbocharger untuk versi mesin diesel, hingga sistem penggerak all-wheel drive. California dan Caravelle menjadi varian Transporter T3 yang populer. Total produksi T3 buatan fasilitas Hannover mencapai 1,3 juta unit.

  • T4: produksi 1990-2003

Revolusi desain akhirnya diaplikasikan pada VW Transporter, karena T4 memiliki platform dengan posisi mesin di depan dan sistem penggerak roda depan. T4 mempunyai bagian depan yang lebih panjang, konstruksi suspensi yang seluruhnya baru, beragam jenis mesin, serta pengendalian yang lebih baik. Transporter T4 juga hadir dengan chassis short-wheelbase dan long-wheelbase. T4 mengalami facelift pada tahun 1996 dan produksinya berakhir di tahun 2003 dengan jumlah total mencapai 1,9 unit yang pernah dibuat.

  • T5: produksi 2003-2015

Transporter T5 adalah evolusi desain keseluruhan dengan fokus utama pada sektor interior, terutama bagi pengemudi. T5 hadir dengan begitu banyak pilihan mesin bensin dan diesel, tak ketinggalan sistem penggerak all-wheel drive. California, Caravelle, dan Multivan menjadi varian favorit, di samping banyaknya varian edisi terbatas T5 yang diperkenalkan oleh VW. Lebih dari 1,6 juta unit Transporter T5 yang diproduksi.

[Baca Juga: Volkswagen Pernah Menyematkan Mesin Diesel Pada Beetle]

  • T6 / T6.1: produksi 2015-2019 / 2019-kini

Mesin baru, sistem pendukung berkendara yang mutakhir, fitur infotainment, dan penyegaran desain bagian muka, telah menyempurnakan aspek modernisasi bagi Transporter. Ada opsi warna two-tone sebagai penghormatan bagi Transporter T1. Sejak tahun 2019, VW melengkapi Transporter T6 dengan desain dashboard baru, penyempurnaan teknologi dan sistem konektivitas, sistem power steering terbaru, serta tentunya mesin turbodiesel yang beremisi rendah.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift