Wuling Almaz.jpg

Wuling Almaz, Mobil Terbaik 2019 Versi Pewarta Otomotif

Rabu, 16 Oktober 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Forum Wartawan Otomotif (Forwot) kembali menyelenggarakan pemilihan mobil terbaik bertajuk Forwot Car of The Year (FYC) 2019. Setelah melewati berbagai seleksi, akhirnya Wuling Almaz dinobatkan menyabet penghargaan tersebut dengan mengalahkah 4 finalis lainnya yang berasal dari 36 mobil baru periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

SUV asal Tiongkok ini berhasil meraih penilaian tertinggi dengan 159 poin. Disusul di peringkat kedua oleh Suzuki Jimny dengan raihan 140 poin. Selanjutnya, DFSK Glory 560 mendapatkan 92 poin, Honda Brio 89 poin, dan Mazda3 80 poin.

Dijelaskan Ketua Juri FCY 2019 Jeffry Yanto Sudiby, penjurian dilakukan oleh 21 jurnalis dari berbagai media yang merupakan anggota Forwot, tentu mereka memiliki kompetensi serta jam terbang tinggi.

“Ada 10 faktor utama yang menjadi penilaian penting di FCY 2019. Setiap juri memiliki 25 poin untuk memberi penilaian yang meliputi desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harga yang tak kalah penting," jelas Jeffry seperti dilansir mobilkomersial.com, Rabu (16/10/2019).

[Baca Juga: Wuling Almaz Berlogo Chevrolet Buatan Indonesia Mulai Diekspor]

Masih menurutnya, Wuling Almaz menjadi mobil bermerek asal Tiongkok pertama yang menjadi pemenang sepanjang sejarah FCY. Selain itu Wuling menjadi brand kedua non-Jepang yang menggondol gelar Mobil Terbaik versi Forwot.

"Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens pernah menyandang FCY 2013. Soal Almaz bisa terpilih jadi FCY 2019 karena menurut penilaian para juri sudah memenuhi kebutuhan konsumen dengan fitur terlengkap di kelasnya namun dengan harga jual yang terjangkau,” kata Jeffry.

Sementara Media Specialist Wuling Indonesia Brian Gomgom mengatakan tak menyangka bahwa Wuling Almaz bisa menjadi mobil terbaik 2019 versi pewarta otomotif. “Sebenarnya kami kaget, karena secara brand juga masih baru tetapi atas dukungan teman-taman dan konsumen bisa membawa kita meraih apresiasi teman-teman Forwot,” kata Brian.

[Baca Juga: Tantang Wuling, DFSK Hadirkan Mobil Pintar Glory I-Auto]

Selain kendaraan roda empat, Forwot juga memberikan penghargaan terbaik untuk kategori sepeda motor. Tahun ini, Motorcycle of the Year (FMY) 2019 dinobatkan pada Honda ADV150 yang mampu menyisihkan 4 finalis lainnya. Mereka di antaranya Yamaha MT-15, Suzuki GSX 150 Bandit, Yamaha FreeGo, dan Kawasaki Ninja 250.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift